Sepatu Jinjit Bikin Kaki Sakit, Atasi dengan Tips Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi sepatu hak tinggi/high heels. Shutterstock.com

Ilustrasi sepatu hak tinggi/high heels. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memakai sepatu berhak tinggi dapat menyebabkan rasa sakit, tapi banyak wanita menyukai sepatu ini. Bagi sebagian wanita, memakai jenis ini dapat menambah rasa percaya diri serta membuat penampilan terlihat seksi.

Sebuah survei menemukan bahwa dari 73 persen wanita yang memakai sepatu jinjit, 69 persen di antaranya menderita sakit di bagian kaki. Memakai sepatu jinjit dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan rasa nyeri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa nyeri setelah memakai sepatu jinjit, seperti dilansir Boldsky.

Artikel lain:
Pahami Waktu dan Lakukan Gerakan Ini Sebelum Beli Sepatu Bot

#Es
Salah satu cara paling efektif untuk meredakan rasa nyeri pada tumit adalah dengan mengompres memakai es. Es dapat mengurangi peradangan dan meredakan rasa nyeri pada kaki. Gunakan kantong es yang sudah dibekukan, lalu letakkan di bawah kaki selama lima menit, lakukan pada kedua kaki sampai rasa sakit berkurang.

#Cuka
Cuka juga dapat mengobati nyeri kaki dan mengurangi peradangan pada kulit. Gunakan air panas dalam sebuah tempat dan tambahkan beberapa sendok cuka. Rendam kaki dalam campuran air selama 15-20 menit.

Ilustrasi sepatu jinjit. shutterstock.com

#Minyak cengkeh
Sifat anti-inflamasi minyak cengkeh dapat menyembuhkan rasa sakit pada kaki. Oleskan beberapa tetes minyak cengkeh pada kaki sebelum tidur. Minyak cengkeh tidak hanya mengobati nyeri kaki tetapi juga mengobati sakit kepala dan nyeri pada tubuh, serta meningkatkan sirkulasi darah sehingga tubuh akan terasa lebih rileks.

#Garam Epsom atau garam Inggris
Larutkan sejumlah garam Inggris dalam air panas lalu gunakan untuk merendam kaki selama 20 menit. Garam ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta kaki sehingga kulit terasa lebih rileks. Tapi, karena garam ini dapat mengeringkan kulit, gunakan pelembab setelahnya.

#Bantal
Tempatkan beberapa bantal di bawah kaki untuk melancarkan sistem saraf dari bagian bawah tubuh ke jantung sehingga mengurangi pembengkakan. Lakukan pada pada malam hari agar dapat merasakan perubahannya di pagi hari.

#Rendam dengan air panas dan dingin
Air panas dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sedangkan dingin dapat mengurangi peradangan. Tempatkan air panas dalam sebuah ember, lalu air dingin pada ember lain. Rendam kaki dalam ember air panas selama beberapa menit lalu rendam kaki dalam ember berisi air dingin. Lakukan beberapa kali.

Baca juga:
4 Pilihan Sepatu Georgina Rodriguez, Pacar Cristiano Ronaldo

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."