Tips agar Kaki Lembut dan Mulus

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yayuk Widiyarti
Jumat, 8 Februari 2019 17:16 WIB
Tips agar Kaki Lembut dan Mulus

CANTIKA.COM, Jakarta - Tanpa kita sadari, aktivitas sehari-hari dan perubahan suhu lingkungan ternyata dapat membuat kulit kaki kusam dan kasar. Belum lagi masalah tumit kaki yang pecah-pecah.

Jangan sampai kurang percaya diri saat mengenakan alas kaki terbuka karena kaki yang tampak tidak terawat. Terapkan tips berikut ini agar kaki lebih lembut dan mulus.

Artikel lain:

Angkat Kaki Selama 20 Menit Secara Rutin, Rasakan Manfaatnya
Kaki Berbau Akibat Perjalanan Mudik, Atasi dengan Cara Berikut

#Jangan pakai sepatu yang kekecilan
Tak hanya karena alasan kenyamanan saat digunakan untuk berjalan, memilih alas kaki dengan ukuran yang pas adalah salah satu cara untuk merawat kesehatan kaki. Alas kaki yang terlalu kecil akan membuat kaki mudah lecet dan sakit, juga membuat tumit jadi lebih mudah pecah-pecah. Selain itu, sepatu yang kekecilan akan membuat sirkulasi udara di area kaki tidak lancar.

#Rajin merendam kaki dengan air hangat
Merendam kaki dengan air hangat selama 10 hingga 15 menit akan membantu mengangkat kulit mati pada kaki juga membuat rileks otot setelah beraktivitas seharian. Air hangat akan membantu melembutkan kaki sehingga mencegah kaki menjadi kering dan kasar. Cukup lakukan perawatan kaki ini minimal seminggu dua kali untuk mendapatkan kaki yang halus.

#Rutin melakukan eksfoliasi
Pengelupasan sel-sel kulit mati atau eksfoliasi pada kaki selain dibantu dengan air hangat juga dapat dioptimalkan dengan menggunakan batu apung atau scrub alami. Gunakan batu apung untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada bagian telapak kaki, terutama bagian tumit, juga dapat digosokkan dengan lembut pada bagian punggung kaki. Sedangkan scrub alami seperti campuran gula, madu, dan lemon dapat diaplikasikan pada punggung kaki untuk mendapatkan kulit yang bersih, cerah, dan halus.

Baca juga:
Lakukan 6 Gerakan Berikut agar Kaki Kuat dan Ramping

#Melembabkan kaki
Kulit kaki yang kering membuatnya tampak tidak sehat dan mudah pecah-pecah. Oleh karena itu, jaga kaki tetap lembab. Sebelum mengenakan alas kaki ada baiknya jika mengoleskan pelembab.

Penggunaan losion pada kaki setiap hari sebelum tidur juga menjadi cara ampuh untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit kaki. Buat yang bermasalah dengan tumit yang pecah-pecah, kita bisa mengoleskan jeli petroleum pada tumit sebelum tidur kemudian membungkus kaki dengan kaus kaki.

#Menjaga kebersihan kaki
Menjaga kebersihan kaki juga bagian perawatan yang tidak boleh terlewatkan. Rutin memotong dan membersihkan kotoran di sela-sela kuku akan mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau kaki. Jangan lupa untuk selalu mencuci kaki setelah bepergian atau menggunakan sepatu seharian agar kulit kaki tetap bersih dan lembab.

TEEN