Ibu dengan Kehamilan Sulit, Anak Lebih Cerdas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi hamil bermasalah. shutterstock.com

Ilustrasi hamil bermasalah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Morning sickness atau merasa mual di pagi hari mungkin menjadi salah satu hal terburuk selama kehamilan. Selalu ada kekhawatiran bahwa bayi mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Sebenarnya tidak perlu khawatir, wanita yang menderita mual di pagi hari selama kehamilan lebih cenderung memiliki anak dengan IQ tinggi.

Dilansir dari Healthy Holistic Living, para peneliti di Rumah Sakit Anak di Toronto, Kanada, mengamati dampak kehamilan yang sulit, seperti morning sickness, pada otak bayi. Studi telah menunjukkan hubungan antara penyakit kehamilan atau kehamilan yang sulit dengan tingkat keguguran yang lebih rendah dan komplikasi kehamilan lainnya.

Baca juga:
Dokter Ingatkan Bahaya Anemia selama Kehamilan

Anak-anak dengan ibu yang menderita dengan merasa mual yang parah saat hamil justru lebih unggul. Para peneliti mengatakan bahwa morning sickness memiliki efek pada kepintaran anak.

Mereka menemukan bahwa anak yang memiliki ibu yang menderita mual di pagi hari memiliki IQ lebih tinggi daripada yang tidak. Mereka juga mendapat skor lebih tinggi pada tes keterampilan memori dan bahasa.

Namun, perlu diingat kalau itu tidak berarti jika Anda tidak mengalami morning sickness, anak akan menjadi kurang cerdas. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang menderita mual di pagi hari selama kehamilan mungkin lebih cenderung memiliki anak dengan IQ tinggi.

Walaupun belum mengetahui alasannya, para peneliti merasa kalau posisi membungkuk di atas dudukan toilet itu bisa membuat suatu perubahan pada kecerdasan atau perkembangan anak. Karena itu, jangan khawatir bila merasa mual setiap pagi.

Anda hanya perlu memperhatikan bila sudah terlalu sering mual saat hamil. Morning sickness yang parah disebut hiperemesis gravidarum dan bisa berbahaya bagi ibu dan bayi. Gejalanya adalah sering muntah yang tidak membaik dengan obat-obatan dan frekuensi muntah lebih besar dari mual pagi hari.

Artikel lain:

Waspadai 6 Gejala Keguguran Dini saat Hamil

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."