Waspadai 6 Gejala Keguguran Dini saat Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi keguguran. Shutterstock

Ilustrasi keguguran. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Keguguran menjadi salah satu kekhawatiran terbesar wanita yang hamil. Menurut studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics & Gynecology, 41 persen wanita yang disurvei yang mengalami keguguran merasa seperti mereka melakukan sesuatu yang salah. Mereka percaya banyak mengangkat benda berat dan stress menjadi penyebab keguguran.

Baca juga: 3 Fakta tentang Gangguan Psikologis setelah Keguguran

Dalam kenyataannya, keguguran atau kehilangan kehamilan sebelum 20 minggu terjadi pada sekitar 10 persen dari kehamilan yang diketahui, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) —dan separuh waktu, keguguran tersebut disebabkan oleh kelainan kromosom yang tidak dapat dicegah. Mengutip laman Womens Health, ada beberapa gejala keguguran dini yang harus diperhatikan ketika Anda sedang hamil.

#1. Pendarahan yang cukup banyak. 
Pendarahan adalah tanda keguguran. Namun tergantung jenis perdarahan yang dialami, jika bercak misalnya, ini hal yang normal. "Ketika telur yang dibuahi menempel pada rahim, Anda mungkin melihat beberapa bercak," kata dokter spesialis kebidangan dan kandungan Kecia Gaither. Anda juga bisa mengalami pendarahan di belakang plasenta yang berkembang, katanya.

Anda harus waspada saat darah yang keluar berwarna merah cerah dan cukup banyak. Jika kehamilan berlanjut setelah beberapa pendarahan, itu bisa disebut keguguran yang terancam, dan perlu dipantau oleh ob-gyn.

#2. Anda melihat gumpalan darah dan jaringan yang sangat besar
Sementara beberapa perdarahan dan bercak mungkin normal selama kehamilan, waspadai jika ada gumpalan darah. Tubuh Anda mungkin juga melewati jaringan lain yang akan terlihat sangat mirip dengan pendarahan berat atau cairan vagina berwarna merah muda. Jika Anda hamil dan melihat sesuatu keluar dari vagina, konsultasikan dengan dokter.

#3. Anda mengalami nyeri dan kram, seperti PMS
Kecia Gaither mengatakan kram seperti menstruasi hal yang normal saat rahim Anda mulai mengembang. Namun, kram juga bisa menjadi tanda awal keguguran "Kram ini berasal dari kontraksi uterus yang mencoba mengeluarkan kehamilan," kata Gaither.

Perdarahan dan kram juga bisa menjadi tanda-tanda masalah kehamilan lainnya, seperti kehamilan ektopik, ketika telur yang dibuahi menempel sendiri di suatu tempat di luar rahim — biasanya ke tuba fallopi. Jadi jika Anda mengalami pendarahan dan kram setelah mengetahui bahwa Anda hamil, ada baiknya untuk memeriksanya.

Artikel lain: Istri Opick Meninggal Usai Keguguran, Waspada Janin Belum Bersih

#4. Sakit punggung
Sama seperti kram, Anda mungkin juga merasakan sakit di bagian punggung bawah dari yang ringan sampai berat. Padahal, sekali lagi, ini hal normal dalam kehamilan yang sehat juga. Saran terbaik Selalu bicarakan dengan dokter Anda jika Anda khawatir tentang gejala yang dirasakan.

#5. Tidak ada detak jantung
Dalam situasi lain, wanita dapat mengalami "kehamilan yang tidak dapat bertahan," kata Gaither. Anda mungkin mendengar wanita juga menyebutnya keguguran yang tidak terjawab. Ini terjadi ketika kehamilan gagal berkembang, terutama pada trimester pertama. Anda mungkin memperhatikan bahwa gejala yang Anda rasakan sebelumnya mual, misalnya telah hilang, meskipun ini mungkin tidak hilang sampai kadar hormon menurun, kata Gaither.

#6. Terlambat menstruasi
Jika periode menstruasi biasanya tepat, namun kali ini sedikit terlambat dan Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom, Anda mungkin mengalami kehamilan kimia,  kata Gaither. Ini biasanya terjadi tanpa Anda mengetahuinya, kecuali Anda melakukan tes kehamilan. Pada dasarnya, kehamilan kimia terjadi ketika telur dan sperma bertemu, implan, dan tubuh Anda menghasilkan hormon HCG, tetapi hal-hal gagal berkembang lebih lanjut, kata Gaither. Kehamilan kimia dapat membuat 50 hingga 75 persen mengalami keguguran, menurut American Pregnancy Association.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."