Asupan Gizi yang Penting Sebelum dan Saat Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita hamil makan buah. shutterstock.com

Ilustrasi wanita hamil makan buah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan yang dikonsumsi sebelum dan saat sedang hamil memiliki dampak yang besar pada kesehatan ibu dan anak. Tentu saja asupan gizi saat hamil sangat penting untuk perkembangan janin dan juga untuk kesehatan ibu. Namun, asupan gizi sebelum hamil itu tidak kalah pentingnya.

Baca juga: Busana Hamil Nikita Mirzani yang Kasual dan Aktif

Ketika seorang pasangan sedang mencoba untuk hamil, ada beberapa hal yang perlu dikonsumsi beberapa bulan sebelumnya. Dr. Cynthia Agnes Susanto, Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan) di Rumah Sakit Ibu dan Anak Grand Family PIK, menjelaskan wanita yang sedang berusaha untuk hamil bisa konsumsi beberapa vitamin dan makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan saat sudah hamil.

“Asupan asam folat diperlukan dari 3 bulan sebelum hamil. Selain itu wanita yang sedang berusaha untuk hamil juga bisa rutin mengonsumsi vitamin E,” jelas Dr. Cynthia Agnes Susanto di acara Happy and Healthy Pregnancy di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu 16 Maret 2019. Selain itu, salmon, brokoli, dan buah kiwi juga menjadi makanan yang sangat dianjurkan pada wanita yang sedang berusaha untuk hamil.

Sedangkan pada saat hamil, asupan gizi yang diperlukan semakin banyak. Ibu hamil perlu kalori, protein, kalsium, zat besi dan vitamin yang cukup. “Banyak yang tanya kalau hamil makannya harus dua kali lipat karena makan untuk berdua? Padahal tidak seperti itu,” lanjut Cynthia. Dia menjelaskan di trimester pertama, ibu hamil biasanya memiliki porsi yang sama dengan biasanya. Di trimester kedua, ibu hamil akan makan 300-350 kalori tambahan setiap harinya. Sedangkan trimester ketiga, ibu hamil memerlukan 450 kalori tambahan per hari.

Asupan gizi yang cukup dan benar membantu mengurangi risiko masalah kesehatan pada bayi. Karena itu, perhatikan asupan gizi yang diperlukan sebelum dan pada saat hamil.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."