Kiat Melanie Putria Izinkan Anak Main Gawai, Pakai Jatah Waktu

Reporter: Silvy Riana Putri
Editor: Yayuk Widiyarti
Selasa, 12 Maret 2019 16:09 WIB
Kiat Melanie Putria Izinkan Anak Main Gawai, Pakai Jatah Waktu

CANTIKA.COM, Jakarta - Presenter Melanie Putria mengaku tak bisa menghindari kecanggihan teknologi dalam hidup putra semata wayangnya, Sheemar Rahman Puradiredja. Dia lebih memilih cara mengontrol teknologi tersebut sesuai dengan kebutuhan anaknya.

“Aku enggak bisa misahin anak dari gadget, internet, atau kecanggihan teknologi lainnya. It’s part of his life and our life too, right. Tapi kita yang harus kontrol penggunaan teknologi itu supaya tidak melulu bergantung dengan itu. Kalau dihindari, nanti dia pun kesulitan mengejar perkembangan teknologi yang pesat setiap harinya. Yang paling penting, how to control it,” kata Melanie Putria saat ditemui di Jakarta, Sabtu, 9 Maret 2019.

Artikel lain:

Melanie Putria Terapkan Pola Asuh Diskusi Aktif dengan Anaknya

Melanie menerapkan jatah waktu penggunaaan gawai kepada Sheemar. Dia menyebutnya dengan Ipad Time.

“Pas weekend Sheemar punya waktu sekitar dua jam dalam satu hari. Kadang sampai tiga jam, aku kasih kelonggaran. Happy banget dia. Itu juga kalau Seninnya enggak ada ujian. Tapi kalau weekdays, hanya boleh satu jam. Itu juga saya bagi-bagi waktunya. Misalnya pulang sekolah, boleh pegang Ipad selama 15 menit. Lalu, bisa pegang lagi habis makan siang 15 menit lagi, dan seterusnya,” tutur perempuan berusia 36 tahun ini.

Tak hanya memberikan jatah waktu, Melanie pun tetap mengawasi hal-hal apa yang dilihat putranya. “Dan, aku selalu baca history-nya. Jadi email aku sama di situ. Aku akan kontrol terus setiap saat, apa yang dia buka. Menurut aku itu penting. Jangan sampai orang tua ignore sama apa yang lagi dilihat anaknya. Bukan itu saja, supaya orang tua juga tetap updates sama topik apa yang lagi disenangi anak,” tandasnya.

Baca juga:

Melanie Putria Terobsesi Kulit Putih, Malah Jadi Belang