Tak Perlu Risau Jika Budget Pernikahan Minim, Ada Tipsnya

Ilustrasi pasangan menikah/pernikahan. Shutterstock

ragam

Tak Perlu Risau Jika Budget Pernikahan Minim, Ada Tipsnya

Jumat, 1 Februari 2019 16:00 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernikahan adalah prosesi sakral dalam kehidupan setiap orang. Wujud komitmen seumur hidup ini juga identik dengan perayaan kebahagiaan dalam resepsi pernikahan. Tema acaranya disusun mengikuti keinginan kedua pengantin dan kesepakatan keluarga. Bisa dirayakan dalam pesta besar-besaran atau sederhana penuh khidmat.

Baca juga: Pesta Pernikahan Tradisional Tetap Diminati Generasi Milenial

Apapun pilihan tema acaranya pasti terkait dengan persiapan anggaran. Bila calon pengantin dihadapkan dengan kondisi minim anggaran, tak perlu risau. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk tetap mewujudkan pernikahan impian Anda dan sesuai anggaran.

Seperti kita ketahui bersama bahwa pengeluaran terbesar dalam resepsi pernikahan adalah pos makanan dan minuman. Besaran jumlahnya mengikuti jumlah tamu yang diundang. Jika Anda memilih undangan terbatas di venue kecil, maka anggaran dekorasi salah satu pos yang biasa disiasati.

“Rumusan pengeluaran dekorasi adalah mengikuti ukuran venue. Semakin besar venue, maka anggarannya meningkat. Bila yang dipilih minimalis, maka anggaran ikut berkurang,” kata Kanya Wirasati, PR dan Marketing Suryo Decor di acara Gebyar Pernikahan Indonesia 10th Edition-Asmaradana Pengantin Jawa, Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis 31 Januari 2019.

Kanya memberikan beberapa untuk dekorasi jika anggarannya minim. “Buatlah satu spot memori atau pusat perhatian di ruangan tersebut. Bisa dengan mini backdrop atau mini pelaminan. Tujuannya agar seluruh kegiatan terfokus ke sana. Secara teknisnya, jadi perhatian orang tidak ke mana-mana,” tutur Kanya.

Lebih lanjut, dia menjabarkan perlunya kursi dan meja untuk pihak keluarga. Melihat dari pengalaman pihaknya selama 15 tahun, resepsi pernikahan itu identik pula dengan reuni keluarga. Waktu yang dihabiskan keluarga lebih lama daripada tamu biasa. Jadi, dia sarankan tetap ada sudut kursi dan meja. “Salah satu cara menyiasati ruangan kecil adalah menyediakan area makan di luar tempat resepsi. Berarti yang dibutuhkan selanjutnya adalah tenda untuk menaungi makanan,” sambungnya.

Terakhir, dia menyebutkan sentuhan dekorasi secara pribadi. Bisa dengan merangkai bunga plastik, pajangan, foto, atau ungkapan inspiratif yang dipilih kedua pasangan. “Pastikan ukurannya selalu minimalis agar tidak menyita banyak tempat,” ucap Kanya.