Masih Suka Bangun Siang? Pahami Dampaknya buat Kesehatan

Ilustrasi tidur. Shutterstock

kesehatan

Masih Suka Bangun Siang? Pahami Dampaknya buat Kesehatan

Kamis, 24 Januari 2019 16:25 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Bangun pagi adalah tantangan tersendiri buat banyak orang. Apalagi mereka yang sering begadang di malam hari.

Alhasil, mereka pun memilih untuk bangun lebih siang untuk mendapatkan jam tidur yang cukup. Namun, terlalu sering bangun siang ternyata memiliki dampak negatif untuk kesehatan. Berikut di antaranya.

Baca juga:Sederet Manfaat Bok Choy buat Kesehatan, Jadikan Menu Sehari-hariBedong Bayi Berisiko untuk Kesehatan, Simak Penjelasan Dokter

1. Mengganggu metabolisme tubuhTerlalu sering bangun siang atau tidur dalam waktu yang cukup lama akan membuat badan tidak berfungsi dengan baik. Salah satu yang berpengaruh adalah metabolisme yang terganggu karena perut merasakan lapar dalam waktu yang cukup lama sehingga metabolisme bisa bermasalah.

2. Kanker hatiAda baiknya untuk segera mengurangi kebiasaan bangun siang. Pasalnya, kebiasaan tersebut juga bisa berdampak pada tumbuhnya kanker hati. Penyebabnya bisa muncul karena waktu buang air besar yang tidak teratur. Seperti yang kita tahu, waktu buang air besar yang baik adalah dari pukul 05.00 hingga 07.00.

Artikel lain:3 Prinsip Hidup Sehat Supaya Tubuh Segar Sampai Tua

3. Sakit kepalaSakit kepala juga salah satu dampak buruk yang akan muncul setiap bangun siang karena adanya cairan serebrospinal yang bergerak ke otak saat kita tidur dalam waktu yang cukup lama. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, maka sakit kepala pun bisa menjadi lebih parah.

TEEN