3 Prinsip Hidup Sehat Supaya Tubuh Segar Sampai Tua

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Kamis, 29 November 2018 18:08 WIB
3 Prinsip Hidup Sehat Supaya Tubuh Segar Sampai Tua

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika ingin tubuh sehat dan kuat di masa tua, maka kamu harus mulai menjaga kondisimu dari sekarang. Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan sehat dimulai dari menjaga pola makan.

Baca:
Tak Disarankan Mencampur Madu dengan Air Hangat, Apa Sebabnya?

Menurut dia, makan merupakan salah satu kebiasaan yang dapat dilatih setiap hari. Menentukan jenis dan porsi makanan dapat membangun kebiasaan baik dan berguna seumur hidup.

"Mereka yang memiliki kebiasaan makan buruk dan mendadak memutuskan mengubah pola hidup ke arah lebih sehat akan mengalami kesulitan," kata Susan. Musababnya, dia menjelaskan, orang tersebut sudah terbiasa dengan pola makan yang dilakukan puluhan tahun sebelumnya.

Ulasan Susan diperkuat hasil survei "Menua dengan Sehat di Kawasan Asia Pasifik" pada Agustus 2018. Survei ini melibatkan 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di sebelas negara. Riset tersebut menunjukkan sebanyak 71 persen responden di Indonesia percaya mereka melakukan perubahan gaya hidup lebih sehat sejak dini untuk membantu menghadapi masa tua yang lebih sehat.

Baca juga: Prilly Latuconsina Sadar Sehat Itu Penting, Mulai Jaga Makan

Sebanyak 90 persen responden Indonesia menyadari telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan. Menurut Susan, kesadaran itu harus ditindaklanjuti dengan langkah konkret dan dimulai dari yang paling sederhana. Berikut ini rinciannya:

1. Mempertahankan kepadatan tulang
Ilustrasi minum susu. iss.it

Selagi masih muda, perkuat tulang dengan mengkonsumsi kalsium sekitar 1.000 mg per hari. Cobalah dengan berlatih beban secara teratur. Memenuhi kebutuhan kalsium berlatih beban bagus untuk membangun massa tulang. "Ini dapat dilakukan secara optimal ketika masih muda," ucap Susan.

2. Mempertahankan massa otot dan berat badan
Ilustrasi wanita menimbang berat badan. shutterstock.com

Membangun masa otot dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan kaya protein, melatih ketahanan tubuh, dan istirahat cukup. Membangun massa otot, kata Susan, menjadi salah satu cara terbaik untuk melawan obesitas akibat penumpukan lemak dan berat badan seiring bertambahnya usia.

3. Menjaga kesehatan kulit
Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

Kesehatan kulit bergantung pada asupan protein untuk memproduksi dan mendukung strukturnya. Penting juga menjaga asupan cairan untuk mencegah dehidrasi. Jaga kulit tetap bersih dan lembap, serta memakai tabir surya. "Ini membantu mempertahankan kulit sehat di saat usia terus bertambah," ucap Susan.

AURA