Awas, Sering Menjilati Bibir Bisa Membuatnya Kering dan Menghitam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -Bibir menghitam sering membuat tidak percaya diri. Bibir yang berubah warna menjadi gelap biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah makanan dan minuman.

Selain itu, bibir gelap juga bisa muncul karena kebiasaan yang setiap hari. Berikut tiga penyebab bibir gelap.

Artikel lain:
Sering Pakai Lip Balm untuk Bibir, Ketahui 5 Hal Uniknya
3 Manfaat Lip Balm Selain Melembapkan Bibir

#Kafein
Mengonsumsi kafein, terutama kopi, ternyata juga dapat mengubah warna asli bibir menjadi lebih gelap. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi kopi juga dapat membuat gigi menjadi kekuningan. Karena itu, ada baiknya untuk mulai mengurangi konsumsi kopi dan menggantinya dengan air putih.

#Kebiasaan menjilat bibir
Kebiasaan ini sering dilakukan banyak orang. Meski terdengar sepele, kebiasaan menjilat bibir juga bisa membuat bibir menjadi gelap dan pecah-pecah karena air liur dapat membuat bibir menjadi lebih kering.

Baca juga:

Tips Melembapkan Bibir yang Kering dan Pecah-pecah

#Sinar UV
Sinar UV ternyata tidak hanya berbahaya bagi kulit  namun juga bibir. Pasalnya, sinar matahari bisa meningkatkan produksi melanin baik pada kulit atau bibir. Ada baiknya memakai lip balm atau lipstik dengan kandungan perlindungan dari sinar UV saat beraktivitas di luar ruangan.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."