Tips agar Lensa Kontak Selalu Aman dan Nyaman saat Dipakai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Agar Lensa Kontak Tidak Bikin Mata Rusak

Agar Lensa Kontak Tidak Bikin Mata Rusak

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain praktis, warna-warni lensa kontak yang cantik menjadi salah satu daya tarik kenapa banyak orang lebih memilih benda satu ini dibandingkan kacamata. Harga lensa kontak pun cenderung lebih murah dibandingkan kacamata, terutama buat orang-orang dengan minus yang cukup tinggi.

Buat para pengguna lensa kontak, jangan lupa merawatnya dengan baik. Ada sembilan tips yang harus diperhatikan dan bisa dilakukan untuk membuat lensa tetap terasa nyaman saat dipakai dan tentunya aman bagi kesehatan mata.

Baca juga:
Langkah Utama Maksimalkan Makeup untuk Pemakai Lensa Kontak

#Pastikan tangan bersih dan steril sebelum menyentuh lensa
Caranya tentu saja dengan mencuci tangan menggunakan sabun bayi atau sabun antibakteri. Ingat, jangan menggunakan sabun dengan pewangi untuk mencuci tangan karena parfum dalam sabun akan menempel pada tangan.

#Bersihkan lensa
Selain kebersihan tangan, jaga kebersihan lensa kontak. Jangan sampai lupa untuk membeli air tetesan lensa dan/atau menggantinya jika sudah terlalu lama.

#Hindari kuku panjang
Kuku yang panjang dapat merobek lensa, yang otomatis membuatnya tidak bisa lagi dipakai.

Ilustrasi lensa kontak. Focus.pl

#Gunakan makeup sebelum memakai lensa
Salah satu kebiasaan yang paling malas dilakukan kaum hawa adalah memakai makeup sebelum memakai lensa kontak. Padahal, jika hal ini terus dilakukan, serbuk-sebuk dari makeup, seperti bedak dan eyeshadow dapat masuk ke mata sehingga mengotori lensa dan akhirnya menyebabkan iritasi.

Perhatikan tanggal kadaluarsa dari air tetesan
Jangan sampai menggunakan air tetesan yang sudah kadaluarsa. Perhatikan tanggal kadaluarsa sebelum menggunakannya.

#Rendam lensa yang tidak digunakan.
Lensa kontak adalah benda yang harus dijaga kelembapannya. Jadi, jangan sampai lupa merendam lensa dalam air tetesan karena akan membuat lensa kering dan rusak.

Artikel lain:
5 Penyebab Mata Rusak Akibat Penggunaan Lensa Kontak

#Bersihkan wadah lensa
Selain lensa yang harus dijaga kebersihannya, wadah penyimpanan menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Biasanya, wadah diganti per tiga bulan demi menjaga kualitas kebersihannya.

#Jangan pakai lensa seharian
Buat yang memiliki aktivitas padat seharian, sangat disarankan untuk tidak menggunakan lensa selama sehari penuh karena mata akan terasa lelah dan tentunya rentan iritasi. Lama waktu maksimal memakai lensa kontak adalah 12 jam.

#Jangan memakai lensa kontak saat tidur
Melepas lensa menjadi salah satu kegiatan yang paling malas dilakukan, apalagi saat baru saja tiba di rumah setelah aktivitas yang padat. Tapi jangan sampai tidur dengan memakai lensa kontak karena lensa akan mengering selama kita tidur dan dapat menyebabkan iritasi mata serta merusak lensa.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."