Rata-rata Pasangan Butuh Waktu 6 Bulan untuk Putuskan Menikah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi pasangan menikah/pernikahan. Shutterstock

Ilustrasi pasangan menikah/pernikahan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Publik terkejut saat Priyanka Chopra dan Nick Jonas memutuskan untuk menikah setelah berpacaran selama kurang dari enam bulan. Tentu menikah dengan seseorang dianggap sebagai keputusan yang benar-benar bulat dan memakan banyak waktu serta pertimbangan.

Baca juga: Psikolog Ungkap Fase Kritis Pernikahan, Harapan Vs Kenyataan

Tapi, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang benar-benar membutuhkan waktu kurang dari enam bulan untuk memutuskan untuk menikahi seseorang atau tidak. Mengutip laman Times of India, para peneliti di University of Chicago Amerika Serikat, mensurvei 2.000 orang yang menikah dan lajang, serta menanyakan kepada mereka pertanyaan yang berkaitan dengan berapa hari dan tanggal yang mereka ambil untuk memutuskan sejauh mana mereka menyukai seseorang.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa orang rata-rata membutuhkan 172 hari untuk memutuskan apakah mereka ingin menikahi kekasih mereka atau tidak. Peserta yang masih lajang membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengambil keputusan, yaitu sebanyak 210 hari.

Para ahli berpendapat bahwa fase bulan madu dari suatu hubungan berlangsung selama sekitar tiga bulan dan orang-orang cenderung menunjukkan kepribadian mereka yang sebenarnya setelah periode ini berakhir. Bahkan, pasangan mereka dapat melihat sifat baik dan buruk mereka kemudian memutuskan apakah mereka adalah orang yang tepat. Selain itu, para ahli juga menyarankan Anda harus percaya pada firasat ketika harus mengambil keputusan yang mengubah hidup ini.

Sementara, para peserta berpendapat mereka dapat memutuskan apakah mereka menyukai seseorang atau tidak setelah lima kali interaksi mereka berjalan dengan buruk. Tetapi data penelitian menunjukkan bahwa itu sebenarnya hanya membutuhkan tiga kali interaksi.

Jangan khawatir atau mulai tidak sabar jika Anda telah menjalin hubungan serius selama lebih dari enam bulan dan pasangan Anda belum ada tanda-tanda untuk melamar. Setiap kisah cinta tentu berbeda dan Anda akan memdapatkan dengan cara yang unik. Terlepas dari waktu yang Anda miliki bersama pacar yang penting adalah bahwa hubungan itu membuat Anda bahagia.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."