Kedekatan Emosional Orang Tua - Anak Bikin Anak Sukses

Sulitnya Melakukan Komunikasi dengan Anak Praremaja (Depositphotos)/Tabloid Bintang

keluarga

Kedekatan Emosional Orang Tua - Anak Bikin Anak Sukses

Jumat, 14 Desember 2018 06:45 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang tua mana yang tak ingin anaknya sukses? Psikolog anak Ayoe Sutomo mengatakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar anak sukses adalah membangun kedekatan emosional antara orang tua dengan anak.

Baca: Gigi Hadid Tak Terima Dibilang Sukses karena Orang Tua

"Hubungan baik antara orang tua dengan anak membuat anak lebih percaya diri dan siap untuk menghadapi tantangan di masa depan," kata Ayoe Sutomo di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Desember 2018. Membangun hubungan emosional yang baik dengan anak bisa dilakukan dengan meluangkan waktu untuk bersama mereka.

Ilustrasi anak laki-laki bercerita pada ibunya. cdn.com

Ketika sedang bersama anak, jauhkan segala sesuatu yang berpotensi mendistraksi, misalnya gadget, televisi, atau orang lain. Buku Six Pillars of Positive Parenting karya Hanny Muchtar Darta menunjukkan kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 90 persen dalam kesuksesan seseorang.

Artikel lainnya:Menikah Tanpa Restu Orang Tua, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Kecerdasan emosional bisa ditingkatkan dengan cara memiliki kedekatan emosional antara orang tua dengan anak. Orang tua seharusnya paham jika anak membutuhkan rasa aman, kasih sayang, dan diakui. Jika kebutuhan ini tak terpenuhi, maka anak akan mencarinya di luar lingkungan keluarga.