3 Tips untuk Orangtua Meredakan Amarah Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi anak marah atau berteriak. shutterstock.com

Ilustrasi anak marah atau berteriak. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua manusia mengalami kondisi marah, tak terkecuali anak-anak. Jika orang dewasa bisa mengendalikan amarahnya, anak-anak justru belum tahu cara yang tepat untuk melepaskan emosi mereka.

Baca juga: Bahaya Meluapkan Kemarahan di Depan Anak

Cara yang bisa dilakukan adalah membuat anak mengekspresikan kemarahannya dengan cara positif. Mengutip laman Pospsugar, menggunakan terapi bermain merupakan cara untuk membantunya mengekspresikan dan menangani emosinya.

Sebelum mengenal caranya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua agar cara ini dapat berjalan baik. Pertama, katakan pada mereka saat mereka tenang. Jangan mengajari trik ini pada saat mereka sedang marah.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Kedua, sebagai orang tua, Anda harus menjadi contoh yang baik untuk anak. Karena itu, tunjukkan pada mereka bahwa Anda juga dapat mengendalikan amarah. Ingat, anak-anak belajar dari apa yang kita lakukan dan apa yang kita katakan.

Ketiga, terus mengingatkan tentang cara menahan emosi. Jika anak sedang marah dan lupa menggunakan triknya, saat dia tenang, pegang lembut tangannya kemudian ingatkan dia tentang trik-trik yang sudah pernah diajarkan.

AURA

Artikel lain: 
Sandra Dewi Senang Anaknya Populer, tapi Ada Risikonya

Ayudia Bing Slamet Belum Ingin Tambah Anak, Ini Alasannya

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."