Ajak Anak Kegiatan di Ruang Terbuka, Bagus buat Kesehatan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Keluarga Berencana (KB), dua anak cukup. (foto: shutterstock)

Keluarga Berencana (KB), dua anak cukup. (foto: shutterstock)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gadget menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada anak. Di usia yang masih sangat muda, anak terbiasa menggunakan gadget untuk bermain permainan virtual dan berkomunikasi dengan teman-temannya.

Baca:
Bunda, Jangan Main Ponsel Saat Mengasuh Anak, Ketahui Dampaknya

Sebuah studi menunjukkan rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia dalam menggunakan gadgetnya, terutama untuk media sosial setiap hari mencapai 3 jam 23 menit. Penelitian ini juga menunjukkan hampir 50 persen penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial.

Pengajar psikologi sosial di Universitas Bina Nusantara, Juneman Abraham mengatakan saat virtualitas merajalela dalam kehidupan dewasa ini, maka penting bagi orang tua untuk tetap mengajak anak mereka bermain di ruang terbuka. "Taman terbuka hijau tetap menawarkan kedalaman berinteraksi yang semakin langka akibat komunikasi yang dangkal dan sarat pencitraan, terutama di dunia maya," kata Juneman.

Menurut dia, mengajak anak beraktivitas di ruang terbuka efektif untuk meningkatkan kesehatan mental. Melalui interaksi langsung, anak lebih mengenali lawan bicara atau teman bermain, melatih kemampuan berkomunikasi, sosialisasi, sampai mengenal beraneka karakter orang lain.

Ketika mengajak anak bermain ke sebuah ruang terbuka, orang tua sebaiknya memperhatikan ciri-ciri taman bermain yang mendukung aktivitas anak. Di antaranya, taman tersebut memiliki lingkup yang cukup bagi anak untuk berinteraksi dengan orang lain dari latar belakang sosial-ekonomi yang beragam, menumbuhkan rasa kebersamaan antar pengguna, serta menunjang berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.

Di Taman Heulang, Kota Bogor, Jawab Barat, misalnya, terdapat berbagai sarana yang dirancang untuk mendorong masyarakat bermain dan berinteraksi. Taman Heulang yang secara resmi dibuka Wali Kota Bogor Bima Arya dan Biscuit Marketing Director Mondelez South East Asia, Rick Lawrence ini memiliki fasilitas antara lain roda putar yang mengatur jenis permainan, lapangan basket mini dengan tiga buah ring, dan tangga tembok yang diberi nomor.

AURA

Artikel lainnya:
Cerita Elly Sugigi Saat Menjadi Ibu yang Terjebak Kemiskinan
Nola Be3 Hadapi ABG Suka Ngeyel, Akhiri Debat dengan Kehangatan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."