Tak Sempat Senam Aerobik, Ikuti 6 Gerakan Latihan Berikut

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Senin, 8 Oktober 2018 10:45 WIB
Tak Sempat Senam Aerobik, Ikuti 6 Gerakan Latihan Berikut

CANTIKA.COM, Jakarta - Senam aerobik makin seru kalau dilakukan bersama-sama. Tapi jika kamu tak punya waktu untuk melakukannya, bukan berarti tubuh tidak berlatih kebugaran sama sekali.

Intinya adalah bergerak. Apabila gerakan yang biasa kamu lakukan sehari-hari di rumah maupun di kantor kurang efektif membakar kalori, tambahkan dengan 6 gerakan latihan tubuh berikut. Kalori terbakar, tubuh jadi segar, dan melatih otot jantung.

1. High knees
Gerkan high knees berguna memperkuat kaki sekaligus meningkatkan fleksibilitas. Mulailah dengan berdiri tegak dan lari di tempat. Sambil berlari, angkat kaki setinggi pinggul. Tarik otot perut ke dalam setiap kali lutut sejajar dengan pinggul. Ayunkan kedua tangan seolah sedang berlari seperti biasa. Lakukan selama 30 detik.

2. Split jumps

Split jumps berfungsi mengencangkan otot paha dan melatih kekuatan kaki. Caranya, berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar pinggul. Posisikan kedua tangan saling genggam di depan dada. Langkahkan kaki kiri ke depan dan rendahkan tubuh ke bawah, hingga kedua kaki menekuk dan membentuk sudut 90 derajat.

Setelahnya, lompat dan ganti posisi kaki. Kaki kanan kini berada di depan dan mendaratlah dengan posisi kedua kaki menekuk membentuk sudut 90 derajat. Ulangi gerakan hingga 5 kali pada masing-masing kaki.

Selanjutnya: Gerakan seolah sedang main kursi roda sampai meratakan perut

Baca juga:
Diet, Lakukan 6 Gerakan Yoga yang Efektif Bakar Kalori
Intip Olahraga Favorit Tatjana Saphira, Kunci Selalu Bugar


3. Flutter kicks


Perut ramping sampai lingkar pinggang ideal bisa diperoleh lewat gerakan flutter kicks. Awali dengan tidur telentang. Tempatkan kedua tangan di bawah bokong. Angkat dan turunkan kaki secara bergantian selama 30 detik.

4. Skaters

Gerakan ini memperkuat otot jantung sekaligus melatih keseimbangan tubuh. Mulai dengan berdiri tegak. Buka kaki lebih lebar daripada bahu dan posisikan kedua tangan di sisi tubuh. Silangkan kaki kiri di belakang kaki kanan hingga lutut kanan membentuk sudut 90 derajat. Posisikan tangan kiri menggantung di depan dada, pertahankan tangan kanan di sisi kanan tubuh.

Lalu lompat ke arah kiri hingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan menyilang di belakang, seperti melakukan gerakan bermain sepatu roda. Saat bersamaan, ayunkan tangan kanan hingga berada di depan dada dan tangan kiri berada di sisi tubuh. Ulangi hingga 5 kali pada masing-masing kaki.

5. Sprinter sit-ups

Perut rata juga bisa diusahakan dengan sprinter sit-ups. Caranya, duduk dengan menekuk kedua lutut. Posisikan telapak kaki menyentuh lantai dan tangan di sisi tubuh. Rebahkan tubuh bagian atas namun pastikan kepala tidak menyentuh lantai.

Angkat kaki kanan sedikit dari lantai, kemudian angkat tubuh ke atas bersamaan dengan menarik lutut kanan ke arah dada. Tekuk lengan kiri ke arah lutut kanan, pertahankan tangan kanan di sisi tubuh. Ulangi hingga 5 kali pada masing-masing kaki.

6. Inchworms
Gerakan ini untuk memperkuat tubuh bagian atas hingga otot tangan. Awali dengan berdiri tegak. Buka kaki selebar bahu. Posisikan tubuh seperti akan melakukan gerakan mencium lutut dan tangan menyentuh lantai.

Gerakkan tangan ke depan sampai di posisi plank. Kemudian melangkahlah kecil-kecil hingga kaki mengenai tangan. Kembali ke posisi semula dan ulangi hingga 10 kali.

AURA