Tips Hemat Pesta Pernikahan, Apa Saja yang Bisa Dikurangi

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Selasa, 28 Agustus 2018 10:01 WIB
Tips Hemat Pesta Pernikahan, Apa Saja yang Bisa Dikurangi

CANTIKA.COM, Jakarta - Mempersiapkan pernikahan bukan urusan mudah terutama bagi pengantin yang memiliki pernikahan impian. Biaya umumnya menjadi salah satu kendala utama untuk mewujudkan pernikahan yang diidamkan, terlebih jika mengusung konsep mewah yang bisa memakan biaya ratusan hingga miliaran rupiah.

Baca juga:
Kiat Menghindari Konflik Pernikahan karena Pertentangan Ego
Mau Menikah? Ini Waktu Ideal Membuat Rencana dan Langkah Awalnya

Bagi pasangan dengan anggaran pernikahan terbatas, merealisasikan pernikahan impian sejatinya tidak mustahil. Perwakilan dari The Bride Dept -vendor penyelenggara pernikahan, Friska Ruslim mengatakan faktor terpenting untuk pasangan yang memiliki anggaran pernikahan terbatas adalah mengetahui pengeluaran apa yang bisa dikurangi.

"Tamu undangan itu salah satu sumber pengeluaran yang besar untuk pernikahan. Bila tidak terlalu dekat, ya tidak perlu diundang," kata Friska Ruslim di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat 24 Agustus 2018. "Atau kalau mau membuat akad nikah yang hanya untuk keluarga dan teman terdekat, baru mengundang tamu yang lain saat resepsi."

Ilustrasi menghitung uang. shutterstock.com

Selanjutnya, pengeluaran pesta pernikahan juga bisa dikurangi dengan membatasi ruang lingkup kerja wedding organizer. Friska menjelaskan ada wedding organizer untuk seluruh perencanaan pernikahan yang biasanya akan membuat pengeluaran jauh lebih besar, tapi ada juga wedding organizer untuk hari pernikahan saja.

Bila pengantin mendapat banyak bantuan dari pasangan, keluarga, teman dekat, dan merasa bisa mengurus semua persiapan sendiri, dia bisa memilih wedding organizer untuk hari pernikahan saja. Dan cara ini tentu akan mengurangi pengeluaran.

"Banyak pasangan sekarang lebih sadar dengan pengeluaran pernikahan dan mengetahui prioritas masing-masing," kata Friska Ruslim. Biasanya calon pengantin memilih mengalihkan uang pesta pernikahan untuk membeli rumah, kendaraan, atau bulan madu.

ASTARI PIANSTHIKA SAROSA

Artikel lainnya:
Nekat Nikah tanpa Restu Orang Tua, Ada Cara Meluluhkan Hatinya