Mau Menikah? Ini Waktu Ideal Membuat Rencana dan Langkah Awalnya

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Senin, 27 Agustus 2018 16:01 WIB
Mau Menikah? Ini Waktu Ideal Membuat Rencana dan Langkah Awalnya

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika sudah menemukan pria yang tepat untuk menjadi pasangan hidup, tentu langkah selanjutnya adalah meresmikan hubungan ke jenjang pernikahan. Saat merencanakan pernikahan ini menjadi waktu yang sangat penting bagi Anda dan calon suami. 

Baca juga:
Psikolog Ungkap Fase Kritis Pernikahan, Harapan Vs Kenyataan

Menikah Secara Sederhana Lebih Sehat untuk Hubungan dan Kantong
Benarkah Pernikahan Kedua Selalu Lebih Bahagia? 

Sebelum mulai merencanakan pernikahan, diskusikan terlebih dulu pernikahan yang diinginkan berdua. Lalu, langkah pertama yang harus dilakukan bersama adalah untuk melakukan penganggaran. “Langkah awal tentunya harus budgeting, dan dengan budgeting harus tahu juga vendor-vendor yang diperlukan. Karena itu dianjurkan untuk ke wedding fair untuk mengetahui berbagai pilihan vendor,” ujar Representatif dari The Bride Dept, Friska Ruslim, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat 24 Agustus 2018.

Menurut Friska, mencari vendor untuk hari pernikahan itu sama seperti mencari jodoh. Pasangan harus benar-benar merasa nyaman dengan vendor yang digunakan untuk hari pernikahan. Terutama bila ingin lokasi pernikahan di tanggal yang bagus, karena ada beberapa tempat yang harus dipesan 2 tahun sebelumnya.

Tidak hanya tempat, biasanya mencari makeup artist yang tepat untuk acara pernikahan juga membutuhkan waktu yang cukup lama. “Kebanyakan mulai persiapan pernikahan satu tahun sebelum hari pernikahan,” lanjut Friska.

Namun, ada juga pasangan yang baru mencari vendor 3 bulan sebelum hari pernikahan. Mereka biasanya mendatangi pameran pernikahan untuk membantu mengetahui apa yang ingin dilakukan dan apa yang diperlukan untuk hari pernikahan. Tentunya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan persiapan pernikahan berbeda untuk setiap pasangan, namun waktu idealnya adalah satu tahun.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lain: Tema Pernikahan Kian Kreatif, Ada Wedding Fair Opulent Winter