Kiat agar Anak Tidak Boros selama Libur Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi liburan bersama keluarga

Ilustrasi liburan bersama keluarga

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pulang kampung atau mudik Lebaran adalah hal yang menyenangkan buat anak-anak karena bisa berkunjung ke tempat yang jauh. Jeleknya, mereka tertarik pada banyak hal selama berada di kampung dan membelinya untuk dibawa kembali ke ibu kota.

Hal ini kemudian akan membuat banyak uang yang dikeluarkan dan memakan kapasitas tempat yang lebih besar untuk membawa barang-barang tersebut. Mengutip laman stuffedsuitcase, ada empat cara untuk membatasi anak-anak membeli barang atau suvenir saat libur Lebaran.

Baca juga:
Libur Lebaran 2018, 5 Aktivitas Wajib Anak Zaman Now Saat Mudik
Bagi Tugas Rumah Tangga dengan Pasangan dan Rasakan Manfaatnya
Pulang Mudik Lebaran Jadi Bokek, Mungkin Ini Biang Keladinya
Pertama Kali Mudik Lebaran Bersama Anak, Simak Tipsnya Berikut

#Tetapkan anggaran
Masuk akal bahwa langkah paling penting sebelum berbicara dengan anak-anak tentang anggaran untuk suvenir adalah menentukan berapa jumlahnya sebab saat berlibur Anda akan mengunjungi beberapa tempat wisata yang menjajakan aneka suvenir yang  menarik. Oleh sebab itu, Anda harus membatasi berapa anggaran untuk berbelanja suvenir.

#Beri pemahaman sebelum pergi
Sebagian besar anak mendapat manfaat dari mengetahui aturan dan harapan sejak dini. Jika Anda menunggu sampai anak-anak sampai di toko dan tertarik pada sesuatu, maka Anda selangkah di belakang pada perencanaan anggaran. Jadi, usahakan sebelum berangkat untuk memberi tahu soal anggaran yang disediakan untuk membeli oleh-oleh agar anak tahu mana yang benar-benar diinginkan saat berada di lokasi.

#Ajari menabung
Salah satu cara terbaik anak-anak bisa bersemangat dan siap untuk menghabiskan liburan adalah dengan memungkinkan mereka menabung untuk membeli beberapa suvenir. Ini adalah saat yang tepat bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan ekstra untuk mendapatkan uang untuk membeli barang yang  mereka inginkan.

#Latih tanggung jawab
Membantu anak-anak bertanggung jawab atas pengeluaran itu penting. Mereka perlu memahami dana apa yang mereka miliki dan mengambil keputusan tentang bagaimana membelanjakannya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."