Agar Badan Tak Melar Saat Liburan, Coba 4 Cara Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi liburan bersama keluarga

Ilustrasi liburan bersama keluarga

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Libur panjang sekolah dan Idul Fitri adalah momen yang ditunggu banyak keluarga. Inilah saat bersenang-senang dan menyegarkan pikiran. Namun seperti yang sudah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, badan biasanya makin melar setelah kembali dari liburan.

Godaan makan enak dan kurang aktivitas fisik selama liburan membuat berat badan naik. Namun hal itu sebenarnya bisa dicegah. Pakar kesehatan dan kebugaran di Inggris, James Crossley, membagikan tip agar bentuk tubuh tetap terjaga selama liburan. Berikut ini tip yang diberikan Crossley kepada Hello.

Baca juga:
4 Fakta Manfaat Liburan bagi Karyawan
Kemesraaan Spesial Saat Liburan
Liburan di Pantai ala Camila Cabello
Patut Dicontoh Cara Artika Sari Devi Rancang Liburan Keluarga

1. Pilihan makanan
Menyantap makanan tak sehat sekali dalam sehari saat liburan tidak masalah. Namun menjadi masalah bila menyantapnya tiga kali sehari. Berhati-hatilah dalam memilih makanan. Ikan, misalnya, lebih baik dipanggang daripada digoreng. Meski sedang bersenang-senang, jangan lupakan sayuran dan buah-buahan.

2. Tetap aktif
Tak perlu mencari pusat kebugaran atau berolahraga khusus di tempat liburan. Cukup berjalan kaki atau lari di pantai atau gunung. Bisa juga berenang di laut. Sedikit berolahraga sebelum sarapan akan membantu kerja metabolisme.

3. Cukup tidur
Banyak orang yang kurang tidur selama berlibur karena begitu banyak acara keluarga atau bersenang-senang. Padahal istirahat sangat penting dan bisa melawan stres. Namun tak sedikit pula orang yang justru tidur lebih banyak pada hari libur dan menjauh dari pekerjaan.

4. Cukup minum
Jaga tubuh tetap terhidrasi, terutama bila berlibur di tempat yang panas, seperti pantai. Siapkan dua liter air dan tak perlu menunggu haus untuk minum. Tubuh terdiri atas 60 persen air. Jadi, bila kebutuhan air tercukupi, kita akan bangun pagi dengan segar.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."