Pakai Toilet Umum Saat Mudik Lebaran, 5 Benda Ini Wajib Dibawa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi toilet duduk. victoriaplum.com

Ilustrasi toilet duduk. victoriaplum.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perjalanan mudik Lebaran yang menghabiskan waktu lebih dari 3 jam membuat kita terpaksa menggunakan toilet umum. Khusus buat perempuan, wajib memperhatikan tempat buang air kecil atau buang air besar karena berkaitan dengan kebersihan organ intim. Menggunakan toilet umum tentu berbeda perlakuannya dengan kamar mandi di rumah, toilet di kantor, atau tempat-tempat lain yang ada petugas kebersihannya.

Baca juga:

Ke Toilet Pakai Kloset Duduk, Terapkan Jurus Gaya Ringan
Atalia Praratya Tak Fokus, Salah Masuk Toilet Sampai Kejedot

Selain mengantisipasi kebersihan toilet, kita harus mengantisipasi kondisi air yang mungkin saja kurang bersih atau minimnya peralatan di toilet. Jadi, sebelum masuk ke toilet umum, kamu wajib membawa barang-barang berikut ini, seperti dikutip dari Herpackinglist.

1. Tisu kering
Ilustrasi tisu wajah. kuchhbhilo.com

Apa pun kondisinya, biasakan selalu membawa tisu ke mana pun pergi, terlebih saat hendak ke toilet. Kalaupun toilet itu sudah terjaga kebersihannya, misalnya toilet di pusat perbelanjaan, kantor, dan restoran, bukan tidak mungkin tisunya tinggal sedikit atau sudah habis.

2. Tisu basah
Ilustrasi tisu wajah. imimg.com

Tisu basah bisa digunakan untuk membersihkan tangan setelah menggunakan toilet umum. Tisu basah juga dapat dipakai untuk menyeka dudukan toilet guna memastikan kebersihannya.

Artikel lainnya:

Arus Mudik Lebaran 2018, Simak Tips Mudik Sehat dari Dokter

3. Uang receh
Ilustrasi uang receh. Tempo/ Aditia Noviansyah
Jangan sepelekan uang receh karena sejumlah toilet umum harus bayar. Uang yang dikeluarkan juga berbeda-beda, tergantung keperluan ke toilet, apakah buang air kecil, buang air besar, atau mandi.

4. Air
Ilustrasi air bersih. sndimg.com

Tak ada salahnya berjaga-jaga dengan membawa air dalam kemasan ketika hendak masuk ke toilet umum. Kamu bisa menggunakan air ini sebagai bilasan terakhir atau sebagai persiapan jika air di toilet kurang bersih.

5. Sanitizer
Ilustrasi-Hand sanitizer. SHUTTERSTOCK KOMUNIKA ONLINE

Sanitizer yang berbentuk cairan dan dipakai dengan cara disemprot atau kemasan biasa wajib dibawa sebelum masuk ke toilet umum. Sanitizer ini bisa dipakai untuk menyemprot area dudukan toilet dan membersihkan tangan.

YATTI FEBRI NINGSIH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."