Khasiat Kurma, Sebaiknya Dikonsumsi Tak Hanya Saat Puasa Ramadan

Ilustrasi kurma. TEMPO/Dian Triyuli Handoko

kesehatan

Khasiat Kurma, Sebaiknya Dikonsumsi Tak Hanya Saat Puasa Ramadan

Minggu, 3 Juni 2018 18:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kurma merupakan salah satu jenis buah yang sebaiknya dimakan saat buka puasa, seperti sunah Nabi Muhammad. Buah kurma tak hanya nikmat, namun juga berkasiat untuk tubuh. Kurma adalah sumber energi yang baik karena mengandung gula aami dan serat yang penting bagi kesehatan pencernaan.

Baca juga:7 Buah Berkalsium TinggiTips Merawat Kulit agar Tak Kering Selama Puasa Ramadan

Kandungan gula buah kurma berupa glukosa, fruktosa, dan sukrosa membuatnya dapat menggantikan kekurangan energi selama berpuasa dengan cepat. Adapun serat pada kurma membantu melancarkan pencernaan. Tak heran kalau buah ini direkomendasikan untuk mengatasi sembelit.

Kurma yang telah dikeringkan mengandung selium, mangan, tembaga, dan magnesium yang penting untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Kurma juga kaya potasium dan mineral lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah.

Ilustrasi kurma dan madu. shutterstock.com

Selain itu, kandungan magnesiumnya bisa melemaskan otot jantung dan pembuluh darah sehingga membantu mengontrol tekanan darah. Khasiat lain dari kurma adalah mampu membantu meningkatkan kemampuan otak. Berkat kandungan potasiumnya, kurma bisa membantu menjaga kesehatan sistem saraf, termasuk pula kemampuan otak. Penyakit otak yang juga bisa dicegah berkat kandungan potasium kurma adalah Alzheimer.

Buat kita yang peduli dengan kesehatan kulit, rutin mengkonsumsi kurma rupanya baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan D yang tinggi dalam kurma membuat kita terhindar dari berbagai masalah kulit, termasuk penuaan dini.

TEEN