Beda Royal Wedding Meghan Markle dengan Kate Middleton

Reporter: Cantika.com
Editor: Rini Kustiani
Rabu, 16 Mei 2018 19:30 WIB
Beda Royal Wedding Meghan Markle dengan Kate Middleton

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry tinggal menghitung hari. Mereka akan menikah di Kapel St. George di Istana Windsor pada Sabtu, 19 Mei 2018. Sama seperti pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, persiapan pernikahan putra Kerajaan Inggris ini juga mencuri perhatian publik.

Baca juga:
Tebak 1 dari 5 Perempuan yang Bakal Jadi Pengiring Meghan Markle
Teka-teki Pendamping Meghan Markle, Kelakuan Ayah Jadi Bumerang

Media mencari informasi terkait pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, mulai dari gaun, kue, musik, tamu undangan dan lainnya. Tentunya, detail pernikahan Pangeran Harry - Meghan Markle berbeda dengan pernikahan kakaknya, Pangeran William - Kate Middleton. Berikut ini rincian perbedaanya.

# Hari pernikahan
Upacara pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton berlangsung pada hari Jumat, 29 April 2011. Penentuan hari pernikahan ini ternyata mengikuti tradisi pernikahan kerajaan yang selalu berlangsung pada hari kerja. Dengan begitu, banyak kantor libur demi menghormati hari bahagia keluarga Kerajaan Inggris.

Adapun pernikahan Pangeran Harry dengan Meghan Markle berlangsung pada hari Sabtu, yang tentunya keluar dari pakem hari pernikahan kerajaan. Pada 19 Mei nanti juga bertepatan dengan final Piala FA di Stadion Wembley, London. Ini membuat Pangeran William yang juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Sepakbola harus melewatkan acara tersebut demi menghadiri pernikahan adiknya.

# Lokasi pernikahan
Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menikah di Kapel St. George di Istana Windsor, yang terletak sekitar 40 kilometer dari London, Inggris. Kapel ini adalah tempat Pangeran Harry dibaptis ketika berusia 3 bulan. Sedangkan Pangeran William dan Kate Middleton menikah di Westminster Abbey, salah satu gereja tertua di Inggris.

# Tak ada balcony kiss
Dilansir situs US Magazine, Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan tidak melakukan pose ikonik di balkon gereja setelah pernikahannya, seperti yang dilakukan oleh Pangeran William dan Kate Middleton. Tradisi balcony kiss telah dilakukan sejak saat Pangeran Charles dan Putri Diana menikah.

Belum jelas kenapa Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak melakukan tradisi balcony Kiss. US Weekly berspekulasi karena Kapel St. George di Kastil Windsor tidak memiliki balkon. Adapun tempat yang memiliki balkon dan cukup layak untuk melakukan balcony kiss ada di Istana Buckingham, dan membutuhkan waktu 1 jam ke sana dari Kastil Windsor.

Pangeran William dan Kate Middleton (Duchess of Cambridge). AP/Martin Meissner

# Gaun pengantin
Gaun pengantin yang akan dikenakan Meghan Markle masih menjadi misteri. Beberapa desainer ternama, seperti Ralph & Russo sempat menjadi perbincangan dalam membuat gaun pernikahan Meghan Markle. Perempuan 36 tahun itu diperkirakan akan memakai 2 gaun untuk 2 acara berbeda. Satu pada upacara penikahan dan satu lagi untuk pesta.

Artikel terkait:
Ratu Elizabeth II Jadi Inspirasi Gaun Pengantin Meghan Markle

# Undangan
Undangan pernikahan Pangeran Harry dengan Meghan Markle tidak sebanyak saat pernikahan Pangeran William dengan Kate Middleton. Pada pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, tamu undangan mencapai 1.900 orang, sedangkan di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle sebanyak 600 undangan.

Mengutip Glamour, Pangeran Harry merupakan keturunan keenam takhta kerajaan, sehingga dia tak diwajibkan mengundang tamu kehormatan dan pejabat dari seluruh dunia. Tamu undangan di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle adalah kerabat dan orang-orang yang dekat dengan mereka.

CANDRIKA RADITA PUTRI