Kisah Perempuan Diet Vegan dan Saraf Tulang Belakangnya Rusak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi vegetarian. Shutterstock

Ilustrasi vegetarian. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tentu ingin berat badannya stabil karena itu menjadi salah satu indikator kesehatan tubuh. Karena itu, ada orang yang menerapkan diet dan menjalani hidup sehat dengan banyak makan sayuran. Namun diet yang dijalani seorang perempuan bernama Chen asal Wuhan Cina, berbuah pahit.

Baca juga:
Putri Ayudya Salah Cara Diet, Lemak Jadi Otot
Raisa dan Hamish Daud Dapat Kiriman Makanan, Kok Malah Bingung?

Dokter menyatakan perempuan 50 tahun itu mengalami kerusakan saraf tulang belakang akibat menjalani diet vegan. Perempuan tersebut menolak makan segala sesuatu yang berasal dari hewan dan turunannya selama 30 tahun. Adapun penyebab kerusakan saraf tulang belakang karena dia kekurangan vitamin B12.

Sebelum diet, berat badan Chen 55 kilogram. Dia kemudian memutuskan menjadi seorang vegetarian untuk menurunkan bobot tubuhnya. Cara diet yang dijalaninya berhasil menurunkan 10 kilogram bobot tubuhnya. Dia terus menjalani diet ini selama 30 tahun. Tapi dia tak mengira cara dietnya berisiko untuk kesehatan.

Ilustrasi diet. shutterstock.com

"Saya merasa sulit berjalan. Tangan dan kaki saya seperti mati rasa," kata Chen seperti dilansir Oddity Central. Chen kemudian berkonsultasi ke dokter. Dari hasil tes laboratorium, dokter mengatakan dia kekurangan vitamin B12 dengan kondisi akut. Kondisi ini memicu kerusakan saraf yang berujung pada kelumpuhan.

Artikel terkait:
11 Cara Kurus Tanpa Diet

Vitamin B12 biasa ditemukan dalam makanan hewani. Dia juga tidak minum suplemen apapun yang mengandung vitamin B12. Jika tidak segera diatasi, kerusakan saraf ini akan membuatnya lumpuh.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."