Putri Marino Hamil, Ketahui Tips Sehat di Awal Kehamilan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Putri Marino (Tabloidbintang.com)

Putri Marino (Tabloidbintang.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Putri Marino mengatakan kalau dia tengah hamil. Istri dari Chicco Jerikho ini merasakan ada perubahan di tubuhnya, seperti pipi yang kian tembam dan selalu ingin makan.

Baca juga:
Putri Marino Merasakan Fisiknya Berubah, Positif Hamil
Putri Marino Doyan Nasi tapi Tetap Kontrol Gula, Simak Caranya

Ada kalanya calon ibu baru dengan usia kehamilan yang masih muda bertanya-tanya bagaimana cara menjaga kesehatan janin, apa yang normal dan apa yang tidak, serta berbagai perubahan yang terjadi selama masa kehamilan.

Selain berkonsultasi ke dokter, ibu baru yang hamil muda perlu melakukan beberapa hal untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk diri sendiri dan calon bayi. Mengutip laman Parents, berikut ini rinciannya.

1. Vitamin prenatal
Ketika mencoba untuk hamil, mengkonsumsi vitamin prenatal adalah suatu hal yang sangat penting. Susunan saraf yang nantinya menjadi jaringan otak dan sumsum tulang belakang bayi akan berkembang pada bulan pertama kehamilan. Sebab itu, sangat penting untuk mendapatkan nutrisi seperti asam folat, kalsium, dan zat besi, sejak awal. Jika meminumnya membuat merasa mual, cobalah minum di malam hari atau disertai camilan ringan.

2. Olahraga
Tetap aktif adalah suatu keharusan. Olahraga teratur dan tidak terlalu berat akan membantu mengendalikan berat badan, memperlancar aliran darah, dan membantu tidur lebih nyenyak. Pilates, yoga, berenang, dan berjalan kaki adalah kegiatan yang cocok buat ibu hamil. Namun demikian, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memulai olahraga apapun. Mengenai durasi olahraga, cukup 30 menit latihan intensif dalam seminggu.

Artikel terkait:
Jenis Nanas yang Mesti Dihindari Ibu Hamil
Tubuh Ibu Hamil Melengkung, Mesty Ariotedjo Jelaskan Sebabnya

3. Makan ikan
Menurut sebuah studi pada 2007, anak-anak yang ibunya makan daging ikan paling banyak selama kehamilan memiliki IQ yang lebih tinggi, ditambah keterampilan motorik dan komunikasi yang lebih baik, daripada mereka yang ibunya tidak makan ikan. Para ilmuwan mengatakan hal tersebut disebabkan tingginya kandungan omega 3 pada ikan, nutrisi penting untuk perkembangan otak.

Tapi bukan berarti ibu mesti makan ikan berlebihan, apalagi ikan mentah. Ibu hamil sebaiknya tidak makan lebih dari 12 ons ikan per minggu dan dalam kondisi matang untuk menghindari infeksi bakteri ke janin.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."