Jenis Nanas yang Mesti Dihindari Ibu Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi menolak janin atau ibu hamil. shutterstock.com

Ilustrasi menolak janin atau ibu hamil. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu hamil sering dilarang makan buah nanas. Padahal, buah nanas mengandung vitamin C dosis tinggi yang baik untuk kesehatan. Lantas apakah benar perempuan yang sedang hamil tak boleh makan nanas?

Baca juga:
Muncul Stretch Mark Saat Hamil dan Kiat Menghilangkannya
Ibu Hamil Boleh Minum Kopi atau Tidak? Simak Penjelasan Ahli

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Asih, Benny Johan Marpaung mengatakan, ibu hamil boleh mengkonsumsi buah nanas. "Tapi, nanas yang boleh dimakan oleh ibu hamil adalah nanas yang sudah matang," kata Benny di Jakarta.

Nanas muda atau yang belum matang, menurut Benny, memiliki enzim bromelain yang jika dikonsumsi oleh ibu hamil akan membuat mulut rahim terbuka dan mengakibatkan keguguran.

Ilustrasi nanas panggang. Shutterstock

Sebab itu, Benny menyarankan ibu hamil memperhatikan segala sesuatu yang dikonsumsi. "Ingat, apapun asupan yang masuk ke tubuh ibu hamil akan diterima juga oleh bayinya," ucapnya. Selain itu, kondisi tubuh ibu hamil juga lebih rentan terkena gangguan kesehatan.

Benny menganalogikan ibu hamil seperti sedaang membangun rumah. "Apakah mau membangun rumah yang biasa saja atau yang premium class? Kalau ingin membuat rumah yang premium class, maka bahan bakunya juga harus premium," ucapnya. Istilah bahan baku yang dimaksud Benny adalah asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu selama hamil.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."