Tips Menggendong Anak yang Benar Sesuai Usia

Ilustrasi ibu menggendong bayi menangis. shutterstock.com

keluarga

Tips Menggendong Anak yang Benar Sesuai Usia

Selasa, 20 Februari 2018 19:02 WIB
Reporter : Astria Putri Nurmaya Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Menggendong anak tak bisa dilakukan serampangan. Menggendong bayi usia 0 sampai 1 tahun tentu berbeda dengan menggendong anak umur 1 tahun ke atas. Jika sampai keliru posisi, bukan tidak mungkin anak justru rewel selama digendong atau terkilir.

Baca juga:Carissa Putri Berlakukan Jam Makan Cokelat buat AnakAyu Ting Ting Ajak Bilqis Nonton Film Dilan, Ketahui RambunyaAnak Makan Sambil Digendong atau Jalan - jalan, Itu Keliru Bunda

Ketahui tiga kategori menggendong anak berdasarkan usia seperti dikutip dari situs wrapyourbaby:

# Menggendong anak 0 - 3 bulanIlustrasi ibu menggendong bayinya. shutterstock.comPada usia ini, bayi digendong dengan menempelkan tubuh bayi ke dada ibunya atau istilahnya gendongan kanguru. Tangan ibu memeluk bagian pinggang dan kepala bayi karena anak pada usia ini belum kuat menopang bobot kepalanya. Sebab itu, ibunya wajib meletakan tangan pada kepala bayi agar tetap aman. Gendongan model kanguru ini memungkinkan seluruh tubuh bayi tertutup kain, kecuali bagian kepala, untuk memastikan keamanannya.

# Menggendong anak 4 - 12 bulanIlustrasi ayah menggendong anak. Fshn.deBayi sudah cukup kuat menopang kepalanya sendiri sehingga Anda dapat menggendongnya dengan cara kanguru namun tidak sampai memeluk bagian kepala. Anda hanya perlu memeluk bayi hingga punggung. Ketika sudah mendekati usia 1 tahun, anak juga bisa digendong di belakang atau punggung dengan tetap memakai kain gendongan.

# Menggendong anak 1 tahun ke atasIlustrasi ayah menggendong bayi. Babygearlab.comGendongan kanguru agak menyamping yang bertumpu di pinggul dan satu bahu ibu, menjadi pilihan yang tepat untuk si kecil. Sebab, anak di usia ini sering kali minta turun karena sudah mulai belajar berjalan. Model gendong belakang atau digemblok juga bisa diterapkan asalkan bobot anak bertumpu pada daerah pinggul penggendong.