Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Jared Sluyter

relationship

5 Hal yang Tidak Boleh Anda Toleransi dalam Hubungan, Manipulasi hingga Pelecehan

Rabu, 6 Maret 2024 21:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Jatuh cinta sepenuhnya bisa menimbulkan masalah yang membuat Anda sulit membedakan tindakan-tindakan yang tidak lagi menjunjung tinggi hubungan. Landasan hubungan yang sehat salah satunya berakar pada keintiman. Namun, adanya tindakan manipulasi yang halus menghambat keintiman dalam hubungan sehingga mengakibatkan masalah. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh memberi toleransi dalam hubungan.

Berikut 5 hal yang tidak boleh Anda toleransi dalam hubungan:

1. Manipulasi

Berbagi hubungan romantis dengan orang yang manipulatif bisa melelahkan secara emosional. Pasangan yang manipulatif sering kali mencoba mengaburkan argumen dengan membawa pembicaraan yang tidak relevan di sela-sela argumen untuk membela diri. Rasa bersalah dan perasaan marah adalah cara paling umum yang dilakukan pasangan manipulatif dalam suatu hubungan. Berbicara dengan mereka menjadi melelahkan secara emosional.

2. Tidak hormat

Perilaku tidak sopan yang terus-menerus melibatkan tindakan yang sering meremehkan pasangannya di depan umum, dan komentar-komentar yang terus-menerus, untuk menghancurkan harga diri. Jika pasangan Anda gagal memahami emosi Anda dan sering mengabaikan kekhawatiran Anda, itu pertanda kurangnya rasa hormat dalam hubungan. Hubungan yang tidak memiliki rasa hormat tidak memiliki masa depan.

3. Penipuan

Tindakan penipuan dapat dikenali dari perilaku tidak jujur ??dan tertutup dalam hubungan. Pasangan yang menipu tidak dapat dipercaya dan tidak setia dalam suatu hubungan. Tindakan pengkhianatan merusak integritas hubungan. Pasangan yang penipu terlibat secara sembrono dalam suatu hubungan—dan ini terlihat dari tindakan halus mereka.

4. Mengontrol perilaku

Jika pasangan Anda mencoba memengaruhi pilihan dan keputusan Anda untuk menunjukkan dominasi dalam hubungan, itu pertanda hubungan yang beracun. Pasangan yang narsistik sering kali menunjukkan perilaku mengendalikan dalam suatu hubungan. Merekacoba memantau keberadaan Anda secara berlebihan dan mengevaluasi keputusan hidup Anda. Bagi individu seperti itu, menggunakan dominasi terhadap pasangannya adalah taktik untuk merasa superior. Hubungan yang didasarkan pada dinamika kekuasaan tidak akan bertahan lama.

<!--more-->

5. Pelecehan fisik dan emosional

Siklus pelecehan emosional dan fisik yang berulang menciptakan dinamika beracun dalam suatu hubungan. Kekerasan apa pun yang dipicu oleh pasangan dan pola kekerasan emosional yang ditandai dengan kritik terus-menerus, komentar yang menghina, dan manipulasi tidak boleh diinternalisasikan. Pelecehan seksual tidak boleh ditoleransi.

6. Body Shaming

Jika pasangan Anda melontarkan komentar yang merendahkan tentang tubuh dan penampilan Anda, hal itu dapat menimbulkan perasaan malu, bersalah, dan tidak berharga. Jika dia terus-menerus berusaha menemukan kekurangan dalam cara Anda berpakaian atau berpenampilan, itu tandanya dia tidak menghargai Anda apa adanya. Sifat-sifat beracun seperti itu tidak boleh diinternalisasikan, karena sifat-sifat ini berbahaya secara emosional.

7. Terasing

Hubungan yang terasing ditandai dengan kurangnya komunikasi dan keintiman dalam hubungan. Jika pasangan Anda mencoba mengisolasi Anda dari orang-orang yang Anda kasihi dan merasa tidak aman dengan hubungan dekat Anda yang lain, maka jangan menafsirkannya sebagai kepedulian dan sikap posesif—ini menyiratkan niat untuk memanipulasi hubungan Anda dan mencegah Anda membentuk lingkaran jaringan.

8. Pelecehan fisik dan emosional

Siklus pelecehan emosional dan fisik yang berulang menciptakan dinamika beracun dalam suatu hubungan. Kekerasan apa pun yang dipicu oleh pasangan dan pola kekerasan emosional yang ditandai dengan kritik terus-menerus, komentar yang menghina, dan manipulasi tidak boleh diinternalisasikan. Pelecehan seksual tidak boleh ditoleransi.

Pilihan Editor: Alami Pelecehan Verbal dari Felixius Seda, Najwa Shihab: Lebih Sensitif Memilih Jokes

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika