Alami Pelecehan Verbal dari Felixius Seda, Najwa Shihab: Lebih Sensitif Memilih Jokes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Najwa Shihab saat meliput acara Desak Anies. Foto: Instagram.

Najwa Shihab saat meliput acara Desak Anies. Foto: Instagram.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Nama komika Felixius Seda tengah menjadi perbincangan warganet di media sosial. Pelawak tunggal asal Solo itu dinilai telah melakukan pelecehan verbal kepada Najwa Shihab saat datang meliput acara Desak Anies di Yogyakarta pada Selasa, 23 Januari 2024. Founder Narasi TV tersebut mendapat komentar seksis dari sang komika.

Melansir dari Komnas HAM, seksisme sendiri adalah diskriminasi berdasarkan gender atau pemikiran yang percaya bahwa laki-laki lebih superior dibandingkan perempuan. Lantas, seperti apa isi candaan Felix Seda yang dianggap lecehkan Najwa Shihab? 

Desak Anies adalah salah satu bentuk kampanye yang dilakukan oleh calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan. Acara bertukar pikiran ini kerap dibuka dengan stand up comedy dari komika lokal. Untuk Desak Anies di Yogyakarta pada Selasa, 23 Januari 2024, Felixius Seda ditampilkan sebelum acara dimulai.

Namun, Felix menuai kritik usai melontarkan candaan yang bernada seksis dan bermuatan pelecehan verbal kepafa Najwa Shihab yang tengah hadir meliput acara tersebut. “Mbak Nana cantik banget bajunya putih-putih kayak sprei di rumah saya, rasanya jadi pengen nidurin,” ucap Felix dalam guyonan tidak lucu itu. Video penampilan Felix di acara tersebut sudah hilang dari video siaran ulang yang diunggah oleh YouTube resmi Anies Baswedan.

Najwa Shihab menerima permintaan maaf dari komika yang melecehkannya. Foto: Instagram.

Meski begitu, warganet di media sosial X (dulu Twitter) yang sempat menonton menambahkan bahwa Felix sempat mengoreksi ucapannya, walau masih menuai sorotan tajam. “Udah dikoreksi sih (Felix berkata) ‘maksud saya pundaknya. Aman ya? Aman ya?’ Aman ndasmu,” tulis seorang pengguna X dengan akun @tookade*****.

Pernyataan Felix tersebut langsung mendapat kecaman dari penonton. Bahkan, seorang perempuan bernama Emma langsung memprotes dan naik panggung setelah Felix selesai ber-stand up comedy.

“Saya sangat menyayangkan mengapa ruang aman berdemokrasi yang sedang coba kita inisiasi bersama ini masih ada pembolehan, kewajaran menyampaikan materi yang sifatnya seksis dan misoginis,” kata Emma. Protes Emma langsung disetujui ribuan penonton.

Usai kejadian tersebut, Felix Seda pun meminta maaf kepada Najwa Shihab secara langsung. Permohonan maafnya itu dibagikan Felix melalui unggahan video di akun media sosial pribadinya, @felixseda.

“Saya Felixius Juang Seda, mau meminta maaf kepada Mbak Najwa Shihab terkait gombalan saya waktu tampil di Desak Anies Yogyakarta. Minta maaf ya kak, benar-benar minta maaf,” kata Felix Seda dalam video itu.

Melalui keterangan unggahannya, Felix juga mengakui bahwa materi stand up yang dibawakannya telah kelewatan. Dia pun menerima kritik yang diberikan dan menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran.

“Dengan diunggahnya postingan ini, dari hati yang terdalam saya ingin meminta maaf kepada semua teman-teman yang tersinggung, utamanya bagi teman-teman wanita. Untuk permintaan maaf pada Mbak Najwa sendiri, sudah saya sampaikan secara langsung seusai acara. Peristiwa ini menjadi pelajaran berharga untuk saya dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga pintu maaf dapat terbuka,” tulis Felix pada keterangan unggahannya.

Najwa akan memaafkan Felix dengan syarat yang harus dipenuhi

Menanggapi permintaan maaf itu, Najwa Shihab pun meminta agar Felix lebih peka terhadap materi stand up yang dibawakan. Jurnalis senior itu juga berharap semoga kejadian tersebut bisa menjadi refleksi agar Felix memperbaiki diri.

“Ya mudah-mudahan bisa lebih sensitif dalam memilih jokes gitu ya. Mudah-mudahan bisa terus belajar dan pengalaman ini bisa jadi bahan untuk bisa reflektif menjadi komika yang cerdas dalam memilih lawakan, lebih sensitif dan juga bisa memperbaiki diri,” ucap Najwa menanggapi permintaan maaf Felix.

Najwa juga mengaku akan memaafkan Felix dengan syarat yang harus dipenuhi. Dia ingin agar peristiwa tersebut benar-benar menjadi pembelajaran untuk komika muda tersebut. “Dimaafkan asal bisa betul-betul jadi pembelajaran,” ujar Najwa Shihab.

Pilihan Editor: Ikut Aksi Bela Palestina, Najwa Shihab: Saya Muak dengan Penjajahan

ANDIKA DWI | ISTIQOMATUL HAYATI | RADEN PUTRI| KOMNASHAM| TWITTER| INSTAGRAM| TEMPO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."