10 Cara Memperbaiki Kuku Patah Agar Rapi Kembali

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Seorang pengunjung tengah merawat kukunya saat Tokyo Nail Forum di Tokyo, Jepang (19/5). Pameran produk tersebut diselenggarakan oleh Nailist Asosiasi Jepang  sampai 21 Mei. Tomohiro Ohsumi/Bloomberg/Getty Images

Seorang pengunjung tengah merawat kukunya saat Tokyo Nail Forum di Tokyo, Jepang (19/5). Pameran produk tersebut diselenggarakan oleh Nailist Asosiasi Jepang sampai 21 Mei. Tomohiro Ohsumi/Bloomberg/Getty Images

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kuku patah termasuk kejadian umum yang biasanya disebabkan oleh aktivitas sehari-hari atau kecelakaan kecil. Namun, bisa jadi salah satu alasan utama hal ini terjadi adalah karena Anda tidak merawat kuku dengan baik.

Aktivitas seperti memotong kuku secara agresif, menggunakan kuku untuk membuka kaleng dan kemasan, serta menggigitnya dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu, jika kuku terkena bahan kimia yang keras dan berbahaya, seperti yang ditemukan dalam produk pembersih atau krim penghilang bulu, kuku akan lebih rentan terhadap kerusakan.

Penyebab umum lainnya kuku jari kaki atau kuku jari tangan patah adalah melalui trauma fisik seperti kuku Anda terbentur sesuatu yang keras secara tidak sengaja. Baik dampaknya terjadi secara tiba-tiba atau ada tekanan terus-menerus, seperti menekan jari-jari kaki ke dalam sepatu yang terlalu kecil. Patah kuku bisa sangat menyakitkan.

Berikut cara memperbaiki kuku patah dikutip dari Pinkvilla:

1. Kumpulkan Alat dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Pertama, pastikan Anda memiliki gunting kuku yang bagus yaitu harus tajam dan tidak berkarat. Kemudian, carilah bahan penyangga, sedikit lem kuku, kantong teh atau bungkus sutra, dan sedikit cat kuku bening. Letakkan semuanya di permukaan yang kokoh.

2. Pangkas Kuku yang Patah

Nilai seluruh kuku dan potong dengan gunting. Lakukan ini dengan sangat hati-hati, luangkan waktu Anda dan jangan terburu-buru karena dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

3. Ratakan Tepinya

Dengan menggunakan penyangga kuku, mulailah menghaluskan bagian tepi kasar kuku yang patah. Ini akan mencegah tersangkut dan melukai diri sendiri secara tidak sengaja.

4. Gunakan Kantong Teh Celup untuk Menyatukannya

Ambil kantong teh dan potong kecil-kecil untuk menutupi bagian yang rusak. Oleskan potongan tersebut pada bagian yang patah dan perkuat dengan menggunakan lem kuku.

5. Lapisi Lem Kuku untuk Penopang

Mulailah mengoleskan lem kuku pada kantong teh yang Anda gunakan untuk menutupi bagian yang patah. Pastikan Anda melakukan ini dalam lapisan tipis, berikan waktu yang cukup untuk masing-masing lapisan hingga benar-benar kering. Ini akan memastikannya ekstra kokoh.

6. Buat Segel dengan Cat Bening

Setelah semua lapisan lem mengering, gunakan cat kuku bening untuk menutup area yang baru saja Anda perbaiki. Ini akan menambah lapisan perlindungan tambahan pada proyek perbaikan kuku Anda.

7. Jauhkan Kuku yang Diperbaiki dari Kelembapan

Terlalu banyak terkena air dan kelembapan dapat menyebabkan lem melemah. Usahakan semaksimal mungkin untuk menjaga area yang diperbaiki tetap kering.

8. Pertimbangkan Pembungkus Kuku Sementara

Jika patahnya parah, kami sarankan Anda menggunakan pembungkus kuku berperekat sementara untuk dukungan ekstra.

9. Gunakan plester untuk Perbaikan Cepat

Jika Anda berada di tempat di mana Anda tidak dapat segera merawat kuku yang patah, carilah plester dan balut lalu tempelkan pada area yang patah untuk melindunginya sementara waktu. Hal ini sangat penting terutama jika terjadi pendarahan atau luka parah.

10. Jaga Kutikula Anda Tetap Ternutrisi

Gunakan minyak atau krim kutikula sebagai nutrisi. Ini akan menjaga kuku Anda tetap sehat selama proses perbaikan dan seiring pertumbuhan kuku yang rusak.

Meskipun memperbaiki kuku yang patah bisa jadi sulit, tips ini bisa membantu Anda, terutama jika kuku Anda patah menjadi dua. Semoga tips ini bermanfaat ya!

Pilihan Editor: 3 Cara Efektif Menggunakan Minyak Almond untuk Perawatan Rambut

PINKVILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."