6 Tips Supaya Kuku Lebih Cepat Panjang dan Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
ilustrasi kuku (pixabay.com)

ilustrasi kuku (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang rutin menjalani perawatan khusus untuk kuku supaya terlihat sehat dan kuat ketika panjang. Namun hal ini tentu agak sulit bagi beberapa wanita yang memiliki kuku pendek dan tebal.

Meskipun sudah melakukan beberapa perawatan namun perlu sedikit waktu lebih lama agar kuku tumbuh dengan cepat. "Kuku tidak akan membaik dalam semalam, kuncinya adalah kesabaran dan kegigihan sama dengan kesempurnaan," kata ahli kecantikan profesional Lauren Michelle Pires kepada The Gloss. 

Banyak cara untuk mendorong pertumbuhan kuku. Mulai dari melihat diet dan suplemen yang Anda gunakan, hingga mengurangi bahan kimia yang keras, dan sebagai gantinya gunakan produk yang akan membantu kesehatan dan kekuatan kuku Anda.

Tips mempercepat pertumbuhan kuku

1. Minyak & krim 
Jika Anda ingin pertumbuhan kuku cepat, saatnya untuk meningkatkan kelembapan. Minyak kutikula yang dikemas dengan antioksidan dapat menjaga kutikula sehat, dan  mendorong pertumbuhan kuku yang sehat dan cepat. "Dengan menggunakan minyak kutikula, Anda memberi makan daerah tempat kuku baru tumbuh, juga disebut matriks kuku," kata Pires kepada Into The Gloss.

Kuncinya adalah konsisten, menerapkan lebih dari sekali sehari, setiap hari. Anda juga bisa menggunakan minyak kutikula di atas cat kuku atau gel, jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya. Sebaiknya gunakan krim tangan setidaknya dua kali sehari, untuk meningkatkan kadar hidrasi kuku, serta kulit di tangan Anda.

2. Sedikit bahan kimia
Bahan kimia yang keras, akrilik dan gel yang digunakan secara konstan, dapat menghambat pertumbuhan kuku. Manikur dengan shellacmisalnya dapat menyebabkan kuku kering dan rapuh. "Untuk menjaga kuku tetap sehat, hidrasi kuku dan meminimalkan penggunaan bahan kimia dan alat-alat keras," kaata Marsha Gordon, M.D., profesor klinis dermatologi dan wakil ketua departemen dermatologi di Fakultas Kedokteran Mount Sinai, mengatakan kepada Good Housekeeping.

3. Hati-hati saat memotong kuku
Jika teratur memotong kuku dengan cara yang kasar, seperti menggigit atau menyobeknya, maka kuku tidak pernah benar-benar tumbuh. Cara terbaik untuk membantu ini tentu saja untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan kuku, yang akan mengurangi kemungkinan patah kuku. Tetapi juga, selalu simpan kikir kuku untuk menangkap tanda-tanda awal kerusakan itu. "Selalu pilih alat kikit lunak untuk mencegah kuku robek atau terbelah," ujar Ami Streets, ahli manikur.

4. Lakukan pendekatan dari dalam ke luar
Kuku Anda akan mendapat manfaat paling besar dengan diet sehat di dalam. Tingkatkan asupan vitamin B9 Anda, atau dikenal sebagai asam folat. Asam folat membantu kuku untuk memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan, dan Anda bisa menemukannya dalam makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Spesialis dermatologi dan kuku dari North Carolina, Chris G. Adigun, MD juga mengatakan kepada Glamour bahwa ada baiknya Anda menambahkan asupan berikut: protein (daging babi, lentil), biotin (telur, salmon), seng (kacang hijau, kacang mede), dan zat besi (daging sapi, bayam, kangkung). Anda juga harus selalu terhidrasi, yang membantu dengan hampir semua yang ada di dalam dan di tubuh Anda!

5. Gunakan cat kuku untuk pertumbuhan
Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan kuku, ambil semir perawatan kuku yang secara khusus ditargetkan untuk memanjangkan kuku. Sally Hansen Nailgrowth Miracle dikemas dengan semua jenis bahan baik untuk kuku, termasuk peptida, biotin, kolagen, dan keratin. Anda juga dapat menggunakannya sebagai pelapis dasar, sehingga meskipun Anda mengecat kuku, Anda merawatnya.

6. Minum suplemen
Meskipun mengadaptasi diet Anda dan meningkatkan asupan antioksidan tertentu adalah yang terbaik, suplemen dapat membantu mendukung diet sehat, dan pada gilirannya, kuku sehat yang tumbuh lebih cepat. Anda dapat membeli suplemen asam folat atau biotin. Jika kuku kurang sehat, itu bisa menjadi pertanda kekurangan biotin, jadi berinvestasilah dalam suplemen yang mengandung vitamin B sehat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."