Selain Retinol, 4 Bahan Ini Cocok Dipakai Bersamaan dengan Tranexamic Acid

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk menentukan cara penggunaan asam traneksamat atau tranexamic acid untuk kulit, Anda perlu menentukan formulasi produk seperti apa yang ingin Anda gunakan. Untuk hasil yang efektif, sebaiknya gunakan setiap hari dalam bentuk toner, serum, atau pelembap.

Sebelum mengaplikasikan produk tranexamic acid pada kulit Anda, pastikan sudah dibersihkan secara menyeluruh dan selalu gunakan produk dari formulasi yang paling tipis hingga yang paling kental untuk penggunaan yang optimal. Dan, asam ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit siang atau malam hari.

Lantas, bahan aktif apa saja yang dapat digunakan secara bersamaan dengan tranexamic acid? Berikut enam di antaranya. 

Bahan yang cocok digunakan bersamaan dengan tranexamic acid

1. Retinoid/Bakuchiol

Tranexamic acid akan bekerja sangat baik jika dikombinasikan dengan serum retinol, krim, atau turunan retinoid dua mingguan Anda seperti tretinoin atau adapalene. Cara yang disarankan untuk melakukannya adalah dengan menggunakan produk berbahan dasar retinoid pada rutinitas perawatan kulit malam hari, dan produk berbahan dasar asam traneksamat pada siang hari.

2. Vitamin C

Vitamin C, terutama asam askorbat, yang merupakan bentuk paling murni, memiliki sifat mencerahkan kulit yang mengesankan. Menggabungkannya dengan tranexamic acid akan membantu memperbaiki warna kulit dan mengobati kondisi seperti melasma.

3. Kojic Acid

Ketika digunakan dengan asam kojic atau kojic acid, sifat anti-inflamasi tranexamic acid ditingkatkan dengan sifat antioksidan, anti-proliferatif, dan asam kojic yang mencerahkan kulit. Selain itu, kombinasi ini memiliki efek yang lebih signifikan dalam mengatasi kerusakan akibat sinar ultraviolet dan mengurangi hiperpigmentasi.

4. Asam salisilat

Asam salisilat adalah asam beta-hidroksi yang larut dalam minyak yang membantu mengobati jerawat melalui pengelupasan kulit, sedangkan tranexamic acid adalah turunan asam amino yang larut dalam air yang meredakan jerawat dengan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, kombinasi bahan-bahan ini bekerja sangat baik dalam mengurangi jerawat seperti papula dan pustula di kulit.

5. Niacinamide

Untuk mengurangi kemerahan, peradangan kulit, dan hiperpigmentasi, menggabungkan niacinamide dengan tranexamic acid juga merupakan ide bagus.

Beberapa bahan lain yang bekerja dengan baik jika dikombinasikan dengan tranexamic acid antara lain asam glikolat, asam azelaic, asam laktat, asam fitat, tabir surya, humektan alami, dan bahan yang menenangkan kulit.

Namun, bahan lain yang Anda pasangkan dengan tranexamic acid secara signifikan akan mengubah cara, waktu, dan seberapa sering Anda harus mengaplikasikan bahan perawatan kulit serbaguna ini ke kulit Anda.

Kapan Seseorang Melihat Hasil dengan Tranexamic Acid?

Meskipun beberapa efek mencerahkan dan menghilangkan pigmentasi dari tranexamic acid mungkin terlihat pada bulan pertama penggunaan yang konsisten, hasil yang mendalam dan tahan lama akan membutuhkan waktu hingga dua belas minggu. Oleh karena itu, penggunaan bahan ini secara teratur dan konsisten sangat penting.

Siapa yang Perlu Menggunakan Tranexamic Acid?

Tranexamic acid cocok untuk sebagian besar jenis kulit, termasuk berminyak, kombinasi, normal, dan kering. Dalam kebanyakan kasus, produk ini juga bermanfaat bagi kulit sensitif. Namun, orang dengan kulit yang sangat sensitif harus berkonsultasi dengan dokter kulit atau melakukan uji tempel produk sebelum digunakan untuk memeriksa toleransi kulitnya.

Efek Samping Penggunaan Tranexamic Acid?

Meskipun tidak ada efek samping yang jelas atau pasti dari penggunaan asam traneksamat, beberapa risikonya termasuk kekeringan, pengelupasan, dan iritasi ringan, menurut para ahli kulit. Penelitian lebih lanjut sangat penting untuk mempelajari lebih lanjut tentang risiko yang terkait dengan tranexamic acid.

Jika Anda ingin memasukkan produk tranexamic acid ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda tetapi tidak yakin apakah produk ini dapat ditoleransi oleh kulit Anda, lakukan uji tempel terdekat dengan area kulit tempat Anda ingin mengaplikasikan produk. Misalnya jika Anda ingin menggunakannya pada wajah, maka tes tempel di belakang telinga akan membantu, sedangkan pada siku bagian dalam akan cocok jika Anda ingin menggunakannya pada tubuh Anda.

Pilihan Editor: Mengenal Apa Itu Argireline, Manfaat, dan Efek Sampingnya untuk Kulit

PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."