7 Minuman yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Hati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh chamomile. Foto: Freepik.com

Ilustrasi teh chamomile. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hati adalah organ yang menjalankan berbagai proses penting bagi tubuh kita, seperti membersihkan limbah dari tubuh, mengeluarkan energi dari makanan yang kita konsumsi, dan menjaga segala sesuatunya tetap seimbang. Untuk menjaga kesehatan hati, diperlukan perawatan dan perhatian yang tepat termasuk mengonsumsi minuman sehat.

Ada banyak sekali minuman enak dan sehat yang bisa diolah dengan mudah dari bahan-bahan yang tersedia di rumah. Minuman ini dapat membantu hati kita tetap sehat dan kuat. Dari smoothie yang lembut dan segar hingga teh yang menenangkan, setiap minuman menawarkan manfaat khusus seperti membantu pencernaan dan mengurangi peradangan. Memasukkan minuman ini ke dalam rutinitas harian Anda dapat mendukung fungsi hati dan kesejahteraan secara keseluruhan.

1. Smoothie nanas kangkung

Cukup campurkan nanas segar, daun kangkung, sedikit air kelapa, dan peras sedikit jus lemon untuk membuat smoothie yang kental dan lembut. Campuran sederhana dan lezat ini memiliki banyak manfaat. Ini membantu dalam detoksifikasi hati Anda dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang membantu membantu pencernaan karena sifat anti-inflamasinya. Kangkung kaya akan antioksidan dan juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C dan vitamin K. Air kelapa membantu menghidrasi dan membersihkan racun. 

2. Jus jeruk bali

Jus jeruk bali kaya vitamin, nutrisi, dan antioksidan. Mengandung vitamin C dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta produksi glutathione, yang merupakan antioksidan kuat. Jeruk bali juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan hati. Terdapat kandungan air yang tinggi dalam jeruk bali yang menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengurangi penumpukan racun di hati dan ginjal. Mengonsumsi jus jeruk bali setiap hari dapat membantu Anda mencapai kesehatan hati yang baik.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan hati. Teh ini memiliki sifat anti inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan pada hati, juga mengandung antioksidan yang membantu membersihkan racun dan produk limbah dari tubuh.

Meminum teh chamomile secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur karena khasiatnya yang menenangkan. Memasukkan teh chamomile ke dalam rutinitas harian Anda sebagai minuman yang menghidrasi dan menenangkan adalah cara sederhana namun efektif untuk mendukung kesehatan hati dan kesehatan secara keseluruhan.

4. Jus lidah buaya

Jus lidah buaya meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan dengan membersihkan hati dan membuang racun berbahaya. Jus ini juga mengandung antioksidan yang melindungi hati dari kerusakan. Mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan pada hati, yang bermanfaat bagi penderita penyakit hati seperti perlemakan hati dan banyak lagi.

Selain itu, mendukung pencernaan dan fungsi usus. Jus lidah buaya adalah minuman yang menyegarkan dan menghidrasi dan Anda dapat meminumnya setiap hari untuk meningkatkan kesehatan hati Anda.

5. Air mentimun-mint

Air mentimun mint adalah minuman dingin dan menyegarkan yang baik untuk hati Anda. Mentimun memiliki mineral dan nutrisi di dalamnya yang membantu hati Anda bekerja lebih baik dan membuang racun berbahaya dan produk limbah. Mint meningkatkan rasa dan juga membantu hati Anda.

Minum air mentimun mint setiap hari membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu hati Anda membersihkan semua limbah. Selain itu, minuman ini mencegah dehidrasi, yang sangat penting agar hati Anda dapat bekerja secara efisien. Jadi, meminum segelas minuman ringan dan lezat ini setiap hari adalah cara sederhana untuk menjaga kesehatan hati dan merasa lebih baik secara keseluruhan.

6. Air jeruk jahe

Air jeruk jahe termasuk minuman sederhana yang memiliki manfaat penting untuk kesehatan hati Anda. Jeruk mengandung vitamin C dan vitamin serta nutrisi penting lainnya yang membuat hati Anda bekerja lebih baik. Jahe meningkatkan rasa dan mengandung nutrisi penting yang baik untuk hati serta membantu pencernaan.

Minum air jahe jeruk membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu hati Anda membersihkan semua racun. Selain itu, tetap terhidrasi dengan minuman beraroma ini akan menghentikan Anda dari dehidrasi, yang sangat penting untuk hati Anda.

7. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, terutama bagi hati. Terbuat dari apel, minuman ini mengandung asam asetat, enzim, vitamin, mineral, polifenol, dan asam amino. Minum cuka sari apel membantu hati Anda melakukan tugasnya lebih baik dengan memecah lemak dan membuang racun. Hal ini membuat hati Anda lebih bersih dan sehat.

Cuka sari apel juga baik untuk pencernaan Anda, yang merupakan cara lain untuk membantu hati Anda. Ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mengurangi kembung secara sehat. Anda dapat mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan air dan meminumnya sebelum makan setiap hari untuk meningkatkan kesehatan hati Anda.

Pilihan Editor: Manfaat Intermittent Fasting untuk Kesehatan Hati

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."