Hidangan Lebaran Sehat, Pilih Daging Tanpa lemak dan Hindari Olahan Digoreng

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi daging sapi. Foto: Unsplash/PK

Ilustrasi daging sapi. Foto: Unsplash/PK

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Hidangan Lebaran biasanya didominasi menu daging, seperti semur, rendang, opor, dan gulai. Praktisi kesehatan Dokter Debora Aloina Ita Tarigan mengingatkan masyarakat, khususnya warga Jakarta, agar sebisa mungkin memilih daging tanpa lemak untuk hidangan Lebaran agar kesehatan tetap terjaga.

"Ketika ada lemak berlebih pada daging bisa dipotong atau dibuang untuk mengurangi asupan lemak jenuh yang tidak sehat," katanya.

Ia juga menyarankan masyarakat menghindari menggoreng daging. Apalagi menggunakan minyak berlebih karena dapat berpotensi menambah kalori dan lemak. Daripada menggoreng, cara pengolahan yang sehat seperti merebus atau memanggang dengan sedikit minyak dan daging dikonsumsi bersama sayuran segar seperti brokoli, wortel, kubis, dan bayam yang kaya serat, vitamin, dan mineral penting. 

Daging merah bisa tetap dikonsumsi, tetapi perhatikan cara mengolahnya. "Yakni ketika dimasak jangan terlalu matang atau gosong," sarannya.

Pertimbangkan porsi makan

Masyarakat juga perlu mempertimbangkan porsi makan agar tidak terlalu sering dan tidak berlebihan demi mencegah munculnya masalah kesehatan. Dia mengatakan daging merah mengandung protein tinggi, zat besi, seng, dan vitamin B12 yang esensial untuk tubuh.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan ada keterkaitan antara konsumsi daging merah yang berlebihan dengan meningkatnya risiko kanker tertentu, seperti kanker usus besar. Menurutnya, daging merah dan kanker masih menjadi topik yang kompleks dan terus dipelajari dalam dunia kesehatan.

"Kita tetap perlu waspada karena risiko kesehatan secara keseluruhan juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup dan genetika. Bahkan banyak makanan lainnya yang juga bisa memicu kanker," ujarnya.

Debora juga berpesan, khususnya bagi yang masih sehat dan berusia produktif, untuk tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur. "Juga sebaiknya berasuransi sebagai langkah preventif menghadapi risiko kesehatan yang dapat terjadi tidak terduga dan dapat merugikan keberlangsungan hidup keluarga," kata Medical Underwriter Sequis itu.

Pilihan Editor: Hidangan Lebaran Favorit Enzy Storia, Rendang dan Nastar

ANTARA | YAYUK WDIYARTI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."