Agar Tidak Cepat Haus saat Puasa Ramadan, Berikut 7 Caranya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menahan rasa haus salah satu tantangan umat muslim saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Musababnya selain tidak makan, juga menahan haus hingga waktu buka puasa tiba. Oleh karena itu, perlu diketahui sejumlah tips agar tidak cepat haus saat puasa Ramadan. Hal ini dapat diantisipasi dengan mengatur pola makan, minum, dan kegiatan sehari-hari. Yuk, kita simak tips selengkapnya.

1. Penuhi Asupan Air dalam Tubuh

Salah satu cara agar tidak cepat haus saat puasa Ramadan adalah dengan memenuhi asupan air dalam tubuh.  Umumnya, seseorang harus minum sebanyak delapan gelas air putih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Tetapi, bulan Ramadan membuat waktu Anda untuk makan dan minum menjadi terbatas.

Karena itu, Anda harus mengatur konsumsi air putih agar kebutuhan air dalam tubuh tetap terpenuhi selama berpuasa. Caranya yaitu dengan minum 2 gelas air saat sahur, 3 gelas saat berbuka puasa, dan 3 gelas lainnya sebelum hingga setelah salat tarawih.

2. Hindari Kafein 

Kafein adalah senyawa yang memiliki sifat untuk menarik cairan keluar dari tubuh. Alhasil, Anda akan lebih sering buang air kecil, sehingga lebih cepat haus. Karena itu, hindari mengonsumsi kafein saat sahur agar tidak cepat haus saat berpuasa. Selain kopi, beberapa minuman lain juga mengandung kafein, seperti teh, minuman soda, dan minuman cokelat.

3. Konsumsi Yogurt 

Satu cangkir yoghurt mengandung 85 persen air. Ini dapat membantu tubuh untuk mencukupi asupan cairan selama berpuasa. Anda juga dapat mencampurkan yogurt dengan makanan lain, seperti buah dan sayur-sayuran sesuai selera. Meski begitu, yoghurt sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong. Makanlah beberapa makanan lain terlebih dahulu sebelum mengonsumsi yogurt.

4. Perbanyak Makan Sayur dan Buah 

Cara agar tidak cepat haus saat bulan puasa Ramadan selanjutnya adalah memperbanyak makan sayur dan buah saat sahur. Hal ini karena sayur dan buah mengandung banyak vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. 

Selain itu, beberapa jenis sayur dan buah juga memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Beberapa sayur dan buah yang bisa dikonsumsi adalah selada, timun, tomat, semangka, melon, dan pir.

5. Batasi Aktivitas Berat

Kegiatan sehari-hari harus tetap dilakukan selama bulan puasa Ramadan. Namun, beberapa aktivitas berat akan membuat seseorang menjadi lebih cepat haus karena harus mengeluarkan banyak energi. Anda dapat mengurangi intensitas kegiatannya atau menunggu dilakukan di sore hari menjelang berbuka puasa. Meski begitu, jangan bermalas-malasan karena hanya akan membuat tubuh menjadi semakin lemas.

6. Lebih Sering Membasahi Diri

Cara agar tidak cepat haus saat bulan puasa yang selanjutnya adalah dengan lebih sering membasahi diri. Tidak harus selalu mandi, Anda dapat membasahi diri dengan berbagai cara. Mulai dari mencuci wajah, berwudhu, menggunakan face mist atau pelembab wajah, hingga mengompres wajah dan area leher dengan air dingin. 

7. Gunakan Kipas Angin atau Pendingin Ruangan

Suhu ruangan yang panas akan membuat suhu tubuh ikut panas dan mengeluarkan keringat. Apabila dibiarkan dalam waktu yang lama, maka Anda bisa menjadi lebih cepat haus. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyalakan kipas angin atau AC guna membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk.

Semoga tips agar tidak cepat haus saat puasa Ramadan di atas bisa membantu Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa, Minum Air Putih dengan Cara Ini

 

RADEN PUTRI | LAILI IRA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."