Tips Penuhi Kebutuhan Cairan saat Puasa Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Berikut beberapa kumpulan doa buka puasa dan artinya, di antaranya riwayat Mu'adz bin Zahrah dan riwayat Abdullah bin Umar. Foto: Canva

Berikut beberapa kumpulan doa buka puasa dan artinya, di antaranya riwayat Mu'adz bin Zahrah dan riwayat Abdullah bin Umar. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kecukupan cairan dalam tubuh merupakan prioritas utama untuk menjaga kebugaran saat puasa Ramadan. "Terutama saat menjalankan puasa selama Ramadan sebab hampir seluruh tubuh manusia terdiri dari air dan ini tidak boleh sampai kekurangan cairan untuk mencegah dehidrasi," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Lampung, Josi Harnos, Senin, 11 Maret 2024.

Dia mengatakan upaya menjaga kecukupan cairan selain untuk menjaga tubuh tetap bugar saat puasa Ramadan, juga agar mencegah insensible water loss yang merupakan hilangnya cairan melalui proses difusi melalui kulit sekaligus proses evaporasi melalui cairan pernapasan.

"Penguapan cairan pada tubuh ini tidak hanya melalui buang air kecil saja melainkan bisa juga melalui insensible water loss. Kalau kita kondisi puasa misalkan matahari terik, kelembapan udara rendah, tanpa disadari bisa kekurangan cairan yang bisa mengakibatkan penurunan konsentrasi serta dehidrasi. Ini cukup berbahaya," ucap Josi.

Perhatikan Asupan Cairan

Josi menganjurkan agar kita meminum air 2 liter sehari untuk menjaga tubuh dari kekurangan cairan. "Kalau 2 liter itu diasumsikan delapan gelas berukuran 200 mililiter, maka pengaturan minum itu empat gelas bisa diminum saat sahur dan empat gelas saat berbuka puasa," ucapnya.

Menurut dia, selama berpuasa diharapkan pula masyarakat dapat memenuhi konsumsi cairan di atas kebutuhan makanan. "Prinsipnya pemenuhan kebutuhan cairan harus di atas kebutuhan makanan sebab ketika kita tidak makan masih bisa hidup akan tetapi kalau tidak minum sehari saja maka akan berbahaya untuk kesehatan," ujarnya.

Dia menambahkan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh selama puasa perlu juga menerapkan keseimbangan jasmani dan rohani dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Saat sahur jangan makan berlebihan atau kurang, atur pola makan dan hidup sehat agar tubuh tetap bugar menjalankan aktivitas sehari-hari meski menjalankan puasa," kata Josi.

Pilihan Editor: Cara Putri Ayudya Tetap Fit di Bulan Ramadan

ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."