Sebaiknya Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Sahur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi makanan pedas/Tokopedia

Ilustrasi makanan pedas/Tokopedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makan sahur tidak sekadar menyantap makanan sebagai persiapan untuk berpuasa. Namun lebih dari itu, menu sahur bisa berpengaruh pada tubuh saat berpuasa dan kesehatan Anda. Ada beberapa makanan yang patut dihindari untuk menjadikan puasa Anda maksimal.  

Berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur dikutip dari laman an-nur.ac.id.

1. Gorengan

Makanan berlemak seperti gorengan, daging, keju maupun mentega adalah jenis makanan yang dapat membuat Anda merasa kenyang dan tubuh menjadi kesulitan dalam mencerna makanan tersebut. Konsumsi makanan berlemak tinggi saat sahur dapat membuat tubuh Anda menjadi kekurangan cairan. 

2. Makanan Pedas

Makanan pedas boleh saja Anda konsumsi, namun tidak boleh berlebihan sebab makanan terlalu pedas dapat menimbulkan lambung dan usus mengalami iritasi. Konsumsi makanan terlalu pedas bisa membuat Anda mengalami gangguan pencernaan. 

3. Makanan Dengan Kadar Gula dan Garam Tinggi 

Mengutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, saat sedang sahur, menu yang dimakan haruslah bergizi seimbang. Anda juga tidak boleh mengonsumsi makanan yang terlalu manis maupun terlalu asin, sebab gula dan garam bersifat menarik cairan tubuh, sehingga Anda akan lebih sering buang air kecil. Bila kebanyakan kencing, Anda akan cepat haus. 

4. Fast Food

Jenis makanan fast food memiliki kandungan lemak jenuh dan kalori yang tinggi. Konsumsi fast food juga membuat tubuh Anda selama puasa menjadi kekurangan cairan. Dibanding konsumsi fast food, sebaikanya Anda memperbanyak konsumsi sayur, buah, protein atau lainnya.

5. Minuman Berkafein

Kopi, teh ataupun minuman lain yang berkafein dapat membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi saat berpuasa dan perut menjadi terasa kembung.

Itulah 5 jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur. Semoga bermanfaat ya!

Pilihan Editor: 11 Makanan Bergizi yang Cocok untuk Sahur

DANAR TRIVASYA FIKRI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."