11 Makanan Bergizi yang Cocok untuk Sahur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Sayur sop. resepcaramasak.com

Sayur sop. resepcaramasak.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat sahur, asupan bernutrisi bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan fisik menjalani puasa Ramadan. Penting untuk memilih makanan yang memberikan energi, menjaga kadar gula darah, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Apa saja makanan bergizi yang cocok untuk dikonsumsi saat sahur?

1. Sup

Satu porsi sup yang dilengkapi dengan protein lemak dan serat, dapat menutrisi Anda saat berpuasa

2. Telur

Telur adalah sumber protein yang mudah dicerna. Protein dalam telur cocok untuk dikonsumsi saat sahur agar energi tubuh tetap terjaga. Telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B12 dan selenium.

3. Oatmeal

Oatmeal termasuk sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk meningkatkan energi dan menjaga kenyang selama berpuasa. Oatmeal juga mengandung serat larut yang bisa membantu menjaga kadar gula darah selama berpuasa. Dikutip dari NDTV, oatmeal sebaiknya ditambah buah-buahan segar atau kacang-kacangan untuk variasi rasa dan tambahan nutrisi.

4. Pisang

Pisang mengandung kalium, serat, dan vitamin B6. Kalium dalam pisang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, seratnya memperlancar pencernaan. Pisang juga mengandung gula alami yang memberikan energi secara bertahap selama berpuasa.

5. Yoghurt

Yoghurt menjadi sumber protein tinggi yang juga mengandung bakteri baik untuk pencernaan. Konsumsi yoghurt saat sahur membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Pilih yogurt rendah lemak dan tanpa tambahan gula untuk manfaat yang maksimal.

6. Pepaya

Pepaya mengandung serat dan vitamin C. Mengonsumsi pepaya saat sahur membantu memperlancar pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan air yang tinggi dalam pepaya juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mete mengandung lemak sehat, serat, dan protein yang tinggi. Lemak sehat dalam kacang-kacangan membantu memberikan energi secara bertahap dan menjaga kenyang selama puasa.

8. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli mengandung banyak nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan antioksidan. Mengonsumsi sayuran hijau saat sahur membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

9. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak, ayam atau sapi merupakan sumber protein tinggi penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Protein dalam daging juga membantu menjaga rasa kenyang lebih lama dan memberikan energi selama berpuasa.

10. Roti Gandum Utuh

Dikutip dari situs website Masnad Health Clinic, olahan gandum membantu berenergi lebih lama. Hal ini karena karbohidrat dari biji-bijian utuh dipecah menjadi glukosa di dalam darah lebih lambat, sehingga melepaskan energi dalam waktu yang lama. Roti gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi secara bertahap dan menjaga rasa kenyang lebih lama.

11. Kurma

Kurma biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa, namun juga cocok untuk dimakan saat sahur. Kurma mengandung karbohidrat yang memberikan energi instan, serat, dan gula alami yang membantu menjaga keseimbangan gula darah selama berpuasa. Kurma juga mengandung berbagai jenis nutrisi seperti potasium, magnesium, dan vitamin B6.

Itulah 11 pilihan makanan bergizi yang dapat dikonsumsi saat sahur. Semoga bermanfaat ya!

Pilihan Editor: Menu Sahur Artis di Ramadan 2024, Ada Sayur hingga Nasi dan Telur

PUTRI SAFIRA PITALOKA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."