14 Ide Hantaran Lamaran yang Bisa jadi Inspirasi, dari Personal Care hingga Ramah Lingkungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi hantaran lamaran/Pinterest

Ilustrasi hantaran lamaran/Pinterest

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sudah memasuki bulan Ramadan yang disusul Hari Raya Idul Fitri, biasanya pascalebaran menjadi momen yang tepat untuk melamar atau menikahi calon pasangan. Nah, kamu bisa mempersiapkan ide hantara sejak sekarang. Tidak perlu mahal, pilihlah hantaran lamaran yang sederhana, penuh makna, dan sesuai yang dibutuhkan. 

Perbedaan Hantaran dan Seserahan

Sebenarnya masih banyak masyarakat yang tidak bisa membedakan antara kedua istilah ini karena dianggap sama saja. Balik lagi hal ini merupakan bentuk budaya yang masing-masing daerah punya kebiasan dan aturannya masing-masing.

Namun ternyata perbedaan hantaran dan seserahan terdapat pada isinya. Seserahan biasanya berisi daftar kebutuhan penting dan memiliki nilai berharga untuk calon dari pihak wanita sebagai tanda dari calon dari pihak pria yang serius ingin meminangnya dan secara tidak langsung menunjukkan kemampuan finansialnya. 

Sedangkan hantaran, bisa dibawa secara bergantian antara dari keluarga calon wanita atau calon pria yang berisi makanan berupa jajanan pasar seperti kue manis dan asin, roti buaya dan juga buah-buahan. Biasanya hantaran makanan ini dibawa pada saat acara lamaran, sedangkan seserahan ada juga yang membawa pada saat lamaran dan pada saat acara pernikahannya. Semua tergantung kesepakatan kedua belah pihak dari masing-masing keluarga mempelai.

Berikut inspirasi hantaran lamaran sederhana yang bisa jadi pilihan

1. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah juga dapat menjadi inspirasi bawaan untuk seserahan. Namun memberikan hantaran ini tidak boleh hanya menjadi sebatas simbol bawaan saja. Ketika kamu memberikannya perlengkapan ibadah, tandanya kamu harus membimbing dan selalu harus melakukan ibadah bersamanya selamanya.

2. Perlengkapan Rumah Tangga

Perlengkapan rumah tangga seperti piring, cangkir, dan peralatan masak bisa masuk menjadi isi hantaran lamaran. Perlengkapan rumah tangga pun dimaksudkan supaya mempelai laki-laki mampu memberikan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

3. Cincin dan Satu Set Perhiasan

Cincin merupakan hantaran lamaran yang tidak boleh lupa dan harus menjadi prioritas bawaan nomer satu. Karena cincin menjadi tanda pengikat antara kedua calon untuk melanjutkan ke tahap pernikahan. Selain cincin, jika mampu dan tidak memberatkan, bisa ditambahkan perhiasan lain seperti gelang atau kalung. Namun hal ini harus sesuai kesepakatan antara kamu dan calon istri ya.

4. Peralatan Mandi atau personal care

Peralatan mandi seperti handuk lembut lengkap dengan produk mandi seperti shampo, sabun, sikat gigi juga dapat menjadi ide seserahan lamaran yang sederhana. Selain sederhana, tentunya hantaran ini akan sangat bermanfaat untuk calon pengantin. Namun kamu perlu menanyakan terlebih dahulu produk mandi apa yang biasa digunakan agar tidak salah membeli.

5. Daun Sirih

Daun sirih dapat menjadi hantaran seserahan pernikahan yang simple untuk dibuat. Biasanya masyarakat daerah Aceh atau adat melayu yang menggunakan seserahan ini. Daun ini menjadi simbol kesejahteraan untuk kebahagiaan untuk rumah tangga calon pengantin kelak. Daun sirih juga sebaiknya disusun seperti contoh yang ada di gambar atau tulang daunnya saling bertemu. Karena sebagai arti keharmonisan dan juga kerukunan.

6. Satu Set Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga bisa menjadi hantaran lamaran simple dan sederhana tentunya. Tidak perlu merasa malu, saat ini sudah banyak tutorial seperti di youtube ataupun pinterest untuk menyusun seserahan berupa pakaian dalam menjadi bentuk-bentuk lucu dan indah untuk disusun.

7. Tas dan Sepatu

Tas dan sepatu dapat menjadi isi hantaran pernikahan simple karena tidak perlu repot menghiasnya dengan banyak dekorasi. Cukup gunakan kotak acrylic dengan tambahan bunga di pinggirnya sudah dapat membuat tampilannya cantik.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."