Tips Tingkatkan Kesehatan Gigi Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi ibu mengajarkan anak sikat gigi. Foto: Freepik.com/prostooleh

Ilustrasi ibu mengajarkan anak sikat gigi. Foto: Freepik.com/prostooleh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pertumbuhan gigi bayi tidak boleh dianggap premeh. Kesehatan gigi anak menjadi kunci untuk kesehatan dan kesejahteraan seumur hidup. Pakar terus mengingatkan tentang pentingnya bagi orang tua membantu merawat gigi susu anak dan menjaga kebersihan mulut dengan benar.

"Kesehatan gigi yang lebih dikenal sebagai kesehatan mulut sangat penting bagi anak-anak karena kesehatan mulut yang optimal sejak kecil akan membantu Anda untuk kesehatan dan kesejahteraan seumur hidup,” kata Profesor Asisten Klinis di Departemen Kedokteran Gigi Anak di Fakultas Kedokteran Gigi New York University (NYU) Dr. Sarah Khan dikutip dari Medical Daily, Minggu 25 Februari 2024.

"Meskipun gigi susu (juga dikenal sebagai gigi susu atau gigi bayi) akhirnya akan tanggal, mereka akan membantu perkembangan bicara dan bahasa serta berkontribusi pada rasa percaya diri anak," kata Khan kepada Medical Daily.

Simak tips tingkatkan kesehatan gigi anak

1. Mulai dari kehamilan

Menurut para ahli, kesadaran perawatan gigi anak harus dimulai sejak kehamilan. Penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara kesehatan mulut anak dan kesadaran ibu tentang kebiasaan seperti pola makan sehat dan kebersihan mulut.

Ibu hamil menghadapi risiko peningkatan masalah kesehatan gigi selama kehamilan, yang bisa berdampak pada kesehatan masa depan bayi.

2. Perhatikan pola makan anak

Masukkan makanan kaya kalsium seperti yogurt, brokoli, dan susu untuk mendorong perkembangan gigi yang kuat.

Pilih camilan sehat seperti buah dan sayuran, hindari permen dan kue. Pindah ke air daripada minuman manis dan soda untuk kesehatan mulut yang lebih baik.

3. Tanamkan kebiasaan sehat

Hindari memberi bayi susu saat tidur untuk mencegah pembusukan gigi, dan lap gusi mereka setelah setiap makan dalam beberapa bulan pertama sebelum gigi muncul. Saat mereka berkembang, tanamkan rutinitas menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi fluoride.

Jika anak Anda berusia di bawah 2 tahun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memperkenalkan pasta gigi fluoride.

Pilihan Editor: Ajarkan Kebiasaan Ini Agar Gigi Anak Tetap Sehat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."