Pahami Gejala Burnout Seperti yang Dialami Park Shin Hye dalam Serial Drama Doctor Slump

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Doctor Slump. Dok. Netflix

Doctor Slump. Dok. Netflix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Drama Korea terbaru Park Shin Hye yang berjudul Doctor Slump sudah memasuki episode ke-delapan, dimulai pada Sabtu, 27 Januari 2024.  Pada pekan ini klimaks masalah yang dialami Yeo Jung Woo (Park Hyung Sik) mencapai klimaks dengan mulai terbukanya misteri pelaku kejahatan yang menjebak Jung Woo. 

Salah satu benang merah yang menarik dari drakor Doctor Slump ialah kuatnya pesan mengenai mental illness atau kesehatan mental, bahkan hampir di setiap episode. Salah satunya ialah masalah burnout yang dialami Nam Ha Neul (Park Shin Hye) saat ia meniti karier sebagai dokter anestesi di rumah sakit. Kendati sempat Ha Neul akhirnya berdamai dengan kondisi depresinya dan mencari diagnosa serta pengobatan ke psikiater. 

Tentu saja kondisi burnout rentan dialami oleh para pekerja yang kesehariannya dipenuhi tugas dan tanggung jawab. Burnout sendiri adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami stres yang kronis disertai dengan rasa kelelahan secara fisik, mental serta emosional akbat pekerjaanya.

Burnout ditandai dengan gejala seperti ini

1. Kelelahan fisik

Seseorang yang mengalami burnout akan selalu merasa kelalahan yang disertai kurangnya energi pada tubuh setiap waktunya.

2. Kelelahan Mental

Depresi menjadi salah satu gejala terjadinya burnout, di mana seseorang akan merasa tidak berdaya serta akan merasa terperangkap di dalam pekerjaan yang ia lakukan.

3. Dikelilingi energi negatif

Ketika seseorang mulai bersikap sinis dan negatif terhadap orang lain dan pekerjaannya, mereka cenderung merugikan diri mereka sendiri, pekerjaan mereka, organisasi mereka, dan kehidupan mereka secara umum.

Kelelahan dan stres di tempat kerja atau burnout tidak dapat disepelekan, karena efek dari burnout dapat memengaruhi produktivitas kerja serta kualitas hidup si penderitanya. Karena itu seseorang yang mengalami burnout harus mendapatkan penanganan dari ahlinya sesegera mungkin.

Sinopsis Serial Drama Doctor Slump 

Park Hyung Sik dan Park Shin Hye saat jumpa pers pemutaran perdana Doctor Slump, Kamis, 25 Januari 2024. Instagram.com/@jtbcdrama

Doctor Slump disutradarai oleh Oh Hyun Jong dengan penulis naskah Baek Sun Woo. Drama romantis bertema medis ini cerita tentang kehidupan dua dokter yang berurusan dengan tantangan karier dan pribadi. 

Park Shin Hye berperan sebagai Nam Ha Neul, ahli anestesi yang menderita sindrom kelelahan. Sedangkan Park Hyung Sik berperan sebagai Yeo Jung Woo. Dia adalah seorang ahli bedah plastik terkenal yang terjebak dalam kecelakaan medis. Keduanya bertemu kembali setelah 14 tahun berpisah. 

Pilihan Editor: Jadi Ahli Anestesi di Drama Doctor Slump, Ini Fakta Menarik Park Shin Hye

NADIA RAICHAN FITRIANUR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."