7 Kuliner Khas Magelang yang Siap Menggoyang Lidah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kupat tahu Magelang. cookpad.com

Ilustrasi kupat tahu Magelang. cookpad.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat Sahabat Cantika, jalan-jalan ke Magelang, Jawa Tengah, sempatkan waktu untuk mencicipi kuliner khasnya. Bukan cuma kupat tahu, ada nasi lesah hingga wedang kacang yang siap menggoyang lidah. Yuk, kita intip sejumlah kuliner khas Magelang.

1. Kupat Tahu

Hidangan yang sudah merakyat di Magelang ini menawarkan paduan harmonis antara rasa dan tekstur. Kupat tahu khas Magelang menghadirkan ketupat, mi, bakwan, irisan kol, dan tahu putih yang disajikan dengan kuah kacang yang lezat.

Bumbu kacang yang gurih dan potongan ketupat yang kenyal membuat sajian kuliner ini semakin istimewa. Ditemani dengan kuah hitam dari gula Jawa, lengkuas, daun salam, dan sedikit garam, kupat tahu menjadi kuliner khas yang tak boleh terlewatkan di Magelang.

2. Sop Senerek

    Seperti namanya, sop senerek merupakan hidangan sop dengan isian senerek atau kacang merah. Berbeda dengan sop di daerah lain yang bercita rasa gurih, sop senerek hadir dengan keunikan kuah manis.

    Kuahnya memiliki campuran kaldu ayam dan sapi, gula jawa, dan bumbu-bumbu khas. Isiannya mencakup nasi, kacang merah, wortel, bayam dan salah satu atau campuran dari daging sapi, ayam, iso, serta babat.

    3. Nasi Lesah

    Nasi Lesah. Cookpad/Tia Kurnia

    Nasi Lesah merupakan hidangan khas Magelang yang terbuat dari nasi yang disiram kuah santan, dilengkapi dengan tahu bacem, mi soun, taoge, suwiran daging ayam, daun seledri, dan taburan bawang goreng, nasi lesah menjadi sajian istimewa dengan bumbu racikan khas.

    4. Sego Godog

    Sego Godog, makanan yang tak pernah kehilangan pesonanya di Magelang, menghadirkan sensasi pedas dan gurih yang memikat lidah.

    Nasi direndam dalam kuah pedas dan berempah, kemudian dicampur dengan telur, suwiran ayam, kol, wortel, seledri, dan bawang. Dengan tambahan sambal, pengalaman makan Sego Godog semakin berlipat-lipat nikmatnya, menjadikannya hidangan istimewa yang selalu dinantikan.

    5. Mangut Beong

    Mangut beong. Cookpad/Nayiskhandy

    Ndas beong atau mangut beong adalah hidangan ikan khas Sungai Progo yang menggiurkan dengan rempah-rempah istimewa seperti lengkuas, sereh, jahe, dan daun bawang. Dikutip dari Wonderful Indonesia, kuliner ini biasa disajikan pedas, namun penyajiannya bisa disesuaikan dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

    6. Getuk

    Makanan tradisional dari singkong ini memiliki berbagai macam varian di Jawa Tengah, namun setiap daerah memiliki khasnya masing-masing. Salah satu jenis getuk yang khas Magelang ialah getuk lindri. Dengan rasa manis dari adonan singkong, diberi aroma daun pandan dan parutan kelapa, menciptakan cita rasa gurih dan lezat.

    Selain itu, ada getuk trio yang dikemas dalam kemasan praktis, terbuat dari singkong yang ditumbuk halus dengan gula, santan, dan gurihnya campuran kelapa. Pusat produksi Getuk trio bisa ditemukan di Magelang menjadikannya sebagai oleh-oleh khas yang sayang untuk dilewatkan.

    7. Wedang Kacang

    Wedang Kacang. Cookpad/Cia Febri

    Minuman hangat khas Magelang ini menggoda selera dengan perpaduan kacang tanah, gula merah, gula pasir, dan ketan. Dengan racikan khusus dan ketelatenan dalam merebus kacang lokal selama 24 jam, minuman ini menjadi favorit di berbagai warung di Magelang. Rasanya yang gurih, manis, dan mengenyangkan membuat Wedang Kacang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar kuliner tradisional.

    Pilihan Editor: Menjajal 5 Kuliner Khas Pemalang, dari Soto Loso hingga Nasi Grombyang

     

    PUTRI SAFIRA PITALOKA | MARIA ARIMBI HARYAS PRABAWANTI | NUNUY NURHAYATI TNR | BRAM SETIAWAN

     

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."