Menjajal 5 Kuliner Khas Pemalang, dari Soto Loso hingga Nasi Grombyang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Nasi Grombyang. Tangkapan video YouTube Simple Rudy TV

Nasi Grombyang. Tangkapan video YouTube Simple Rudy TV

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jawa Tengah memiliki potensi kuliner yang beragam, termasuk dengan  Kabupaten Pemalang yang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Pekan lalu, tepatnya pada Rabu, 24 Januari adalah momentum hari jadinya.

Batas wilayah Kabupaten Pemalang sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan, sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga, dan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tegal. 

Luas wilayah ini adalah 111.530 kilometer persegi. Topografinya bervariasi, dengan bagian utara berupa dataran rendah pantai, bagian tengah dataran rendah subur, dan bagian selatan merupakan dataran tinggi gunung dengan puncak tertinggi, Gunung Slamet. 

Dilansir dari laman Info Pemalang, berikut 5 kuliner khas Pemalang yang harus dicicipi:

1. Kue Khamir

Kue ini adalah warisan Arab di Kelurahan Mulyoharjo, Pemalang, juga dikenal sebagai Kampung Arab. Istilah "khamir" berasal dari kata Arab yang berarti ragi, dan kue ini mengandung tape. Khamir berbahan dasar tepung beras, ragi, mentega, dan gula. Semua bahan dicampur menjadi adonan dan diinapkan semalam sebelum dipanggang dalam loyang berbentuk cekung dengan minyak kelapa.

2. Bakso Balungan Pemalang

Bakso Balungan disajikan dalam mangkuk tanpa mie, hanya berisi bakso dan potongan tulang. Terdapat sekitar empat potong tulang berukuran sedang, ditambah potongan tomat dan daun bawang di dalamnya, serta taburan bawang goreng di untuk menggugah selera. 

3. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang Pemalang, mirip dengan rawon dengan kuah hitam. Makanan ini memiliki kuah yang gurih dengan bumbu khusus dan potongan daging yang lembut. Sejak 1960-an, Nasi Grombyang dikenal sebagai kuliner ikonik di Pemalang. Banyak warung di Pemalang yang menyajikan menu ini.

4. Sate Loso

Sate Loso merupakan sate khas Pemalang yang terbuat dari daging kerbau. Sate inimemiliki cita rasa yang khas karena berbeda dengan sate lain.

5. Lontong Dekem

Lontong dekem cocok di santap saat sore atau malam hari kerena kuah lontong dekem diracik dari berbagai macam rempah-rempah yang dapat menghangatkan badan.

Pilihan Editor: 11 Kuliner Khas Medan yang Wajib Coba, dari Mie Gomak hingga Kopi Sidikalang

WINDA OKTAVIA | DWI ARJANTO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."