Mengenal Tengkleng, Kuliner Khas Solo yang Disajikan Menggunakan Pincukan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Seporsi tengkleng yang dijual di Warung Tengkleng Klewer Ibu Edy di dekat Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah (4/5). Tempo/ Ukky Primartantyo

Seporsi tengkleng yang dijual di Warung Tengkleng Klewer Ibu Edy di dekat Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah (4/5). Tempo/ Ukky Primartantyo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kekayaan kuliner Indonesia tak ada habisnya untuk dikulik. Kali ini, kita mengupas tengkleng sebagai salah satu kuliner khas Solo yang populer.

Tengkleng Solo berbahan dasar daging kambing. Bagian lain yang menjadi bahan pembuatan tengkleng antara lain tulang iga, kepala kambing dan jeroan. Bagian yang dipilih biasanya memiliki sumsum yang banyak. 

Asal Usul Tengkleng

Menurut beberapa sumber, tengkleng diciptakan di zaman ketika daging hanya dapat dimakan kaum bangsawan. Warga biasa yang melihat banyak tulang masih tersisa kemudian memanfaatkannya dengan mengolah tulang tersebut termasuk bagian kaki.

Hasilnya mirip dengan gulai kambing, namun kuahnya lebih encer dan lebih banyak. 

Meskipun tengkleng juga terdapat di Yogyakarta, tengkleng khas Surakarta memiliki cita rasa khas yang tidak dapat disaingi.

Kuah Kuning yang Gurih

Makanan ini dimasak dengan kuah bumbu kuning dengan rasa khas yang gurih. Bumbu yang paling berperan penting pada soto ini adalah kunyit, karena berguna untuk menghilang bau tak sedap dari daging kambing.

Jika suka pedas, tambahkan racikan sambal pada kuahnya. Ciri khasnya, makanan ini disajikan menggunakan pincukan atau daun pisang.

Sekilas, tengkleng mirip dengan tongseng. Tapi ada perbedaan antara tengkleng kambing dengan tongseng kambing yakni pada potongan dagingnya. Tengkleng kambing tidak berbentuk dadu, sedangkan tongseng berbentuk dadu kecil. 

Tekstur kenyal yang membuat tengkleng juga berbeda karena menggunakan daging muda. Aromanya tengkleng juga lebih mengeluarkan bau khas yang lebih tajam daripada tongseng.

Tengkleng sering dimakan bersama dengan sepiring nasi putih, serta minuman teh hangat atau jeruk panas.

Pilihan Penjual Tengkleng di Solo

Tengkleng yang enak di Kota Solo banyak dijual di kawasan Masjid Agung dan Pasar Klewer. Pecinta kuliner juga dapat menemukannya di hampir semua sudut Kota Solo. Ada pula pilihan Warung Pak Manto yang menawarkan tengkleng kambing rica-rica, Tengkleng Yu Tentrem yang merupakan langganan keluarga mantan Presiden Soeharto, dan tengkleng Pasar Klewer yang legendaris sudah ada sejak 1940-an.

Pilihan Editor: Cerita Dibalik Nama Roti Unyil Khas Kota Bogor

LAYYIN AQILA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."