10 Kuliner Khas Sidoarjo, dari Lontong Balap hingga Tahu Tek-Tek

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Lontong balap. Wikipedia

Lontong balap. Wikipedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masih mengeksplor pesona Provinsi Jawa Timur, sebelumnya kita mengulik tempat wisata petik apel malang di kota Batu, kini kita melihat lebih dekat kuliner khas Sidoarjo.

Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan ragam kuliner. Tak cuma lontong balap, ada juga tahu tek-tek hingga nasi pecel dalu yang siap menggugah selera Anda.

1. Lontong Balap

Salah satu kuliner khas Sidoarjo yang paling terkenal adalah Lontong Balap. Hidangan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho (bakso dari tepung terigu), dan emping, disajikan dengan kuah kental kacang yang gurih.

Rasanya yang lezat dan tekstur yang beragam membuat Lontong Balap menjadi menu sarapan atau camilan favorit di Sidoarjo.

2. Rawon Gajah Mada

Rawon gajah mada. Facebook

Rawon Gajah Mada terletak di Jalan Gajah Mada, Pekauman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, dan buka dari jam 10 pagi hingga 3 pagi. Restoran malam ini menjadi salah satu destinasi makan malam populer di Sidoarjo, menawarkan hidangan rawon yang khas dengan kuah pekat yang diolah menggunakan kluwek yang harum. 

3. Warung Puas Pranoto Kuliner

Warung Puas Pranoto Kuliner adalah destinasi yang sempurna untuk menikmati makan malam lezat bersama keluarga. Warung ini menawarkan beragam pilihan menu yang lezat, mulai dari nasi udang, nasi ayam, bakso, seafood, hingga hidangan lainnya yang menggugah selera.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba menu unik mereka, yaitu nasi goreng rawon yang hanya dijual dengan harga Rp 25 ribu per porsi.

4. Tahu Tek-Tek Pak Gendut

Tahu tek tek. Cookpad

Tahu tek-tek merupakan salah satu kuliner khas Sidoarjo yang sangat disukai oleh banyak orang. Tahu goreng yang renyah disajikan dengan saus kacang, bawang goreng, dan petis.

Tahu Tek-Tek Pak Gendut merupakan salah satu tempat terkenal untuk menikmati hidangan ini. Anda dapat menemukan tempat ini berlokasi di Jalan Jenggolo No. 21, Sidoarjo.

5. Ayam Goreng Gringging Lombok

Salah satu wisata kuliner yang direkomendasikan di Sidoarjo adalah ayam goreng gringging lombok. Ayam goreng ini terkenal dengan dagingnya yang sangat empuk. Uniknya, sebagian tulang ayam juga sangat lembut sehingga bisa dinikmati hingga ke tulang. 

6. Sate Kelopo Pak Sadi

Sate kelopo. Foto : Grab

Sate Kelopo Pak Sadi telah termasuk kuliner malam yang paling terkenal di Sidoarjo. Sate kelopo ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dengan bumbu khas dan kelapa parut yang memiliki cita rasa gurih yang istimewa. Kelezatannya sangat pas dinikmati pada malam hari.

Anda dapat menemukan Sate Kelopo Pak Sadi berlokasi di Jalan Raya Taman No. 8, Krian, Sidoarjo.

7. Lontong Kikil Sapi Pak Madekan

Kuliner selanjutnya yang patut dicoba di Sidoarjo adalah lontong kikil sapi Pak Madekan. Sop kikil di tempat Pak Madekan terkenal dengan kikilnya yang empuk dan kuahnya yang segar. Selain sop kikil, warung ini juga menawarkan sup sum-sum tulang. Anda bisa menikmati hidangan lezat ini di Jalan Raya Sepanjang Tani Nomor 2, Sepanjang, Taman, Sidoarjo.

8. Tahu Campur Abdi Rasa

Tahu campur Abdi Rasa adalah kuliner berkuah yang cocok dinikmati untuk mengganjal perut di malam hari. Campuran bumbu, kikil, dan sayuran pada hidangan ini memberikan rasa yang pas dan memanjakan lidah. Hidangan ini cukup lengkap dengan berbagai isi seperti kikil, tulang muda, tahu goreng, serta sayuran dan tauge. 

9. Nasi Pecel Dalu

Nasi pecel. Cookpad

Salah satu kuliner malam yang direkomendasikan di Sidoarjo adalah nasi pecel Dalu. Warung makan ini buka dari pukul 10 malam hingga pukul 4 pagi, menawarkan hidangan pecel dengan bumbu kacang yang pedas namun pas di lidah. 

10. Depot Langgeng

Depot Langgeng adalah tempat yang sangat terkenal di Kabupaten Sidoarjo dengan hidangan sop buntutnya. Sop buntut yang disajikan memiliki kuah yang bening, segar, dan lezat. Dagingnya juga empuk dan bumbunya meresap hingga ke tulang.

Pilihan Editor: Pengalaman Icip Sego Tempong Mbak Har, Khasnya Ada Sambal Ranti

ANGELINA TIARA PUSPITALOVA | EIBEN HEIZIER | YOUTUBE | KABARSIDOARJO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."