Pengalaman Icip Sego Tempong Mbak Har, Khasnya Ada Sambal Ranti

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nasi tempong di warung makan Sego Tempong Mbak Har Banyuwangi, Jawa Timur (TEMPO/Lourentius EP)

Nasi tempong di warung makan Sego Tempong Mbak Har Banyuwangi, Jawa Timur (TEMPO/Lourentius EP)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu berencana bepergian ke Banyuwangi, Jawa Timur, sempatkan mencicipi nasi tempong atau sego tempong yang menjadi kuliner khasnya. Menurut Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, sego tempong adalah makanan tradisional dengan menyajikan nasi putih, dilengkapi oleh sayur, tempe, tahu, dadar jagung, selain itu juga memakai ikan asin peda.

“Sego tempong” berasal dari kata “tempong” yang berarti “tampar”. Istilah ini digunakan karena apabila memakan sambal dari nasi tempong ini, rasa pedasnya di mulut seperti ditampar.

Nasi tempong dulunya bermula dari bekal masyarakat yang berprofesi sebagai petani saat pergi ke sawah. Nasi ini biasanya disajikan dengan porsi yang besar, lengkap dengan lauk pauknya.

Kuliner Banyuwangi ini terdapat dua versi, ada yang memakai sambal matang yang telah dimasak, dan ada juga yang memakai sambal mentah.

Sego Tempong Mbak Har, Khasnya Sambal Ranti dan Ada Menu Botok Tawon

Di Banyuwangi, salah satu rumah makan untuk menikmati sego tempong adalah Nasi Tempong Mbak Har. Lokasinya berada di Jalan Raya Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Biasanya pengunjung mampir ke tempat makan itu sebelum atau setelah berkunjung ke De Djawatan Forest, destinasi wisata populer yang menawarkan suasana hutan bergaya estetik.

Menu Nasi Tempong ini istimewa karena sambalnya. Dedy Awang, pemilik dari Sego Tempong Mbak Har, mengatakan bahwa sambalnya yang mentah selalu segar. Dia hanya memakai tomat ranti yang membuat sambal berair dan lebih nikmat.

"Di tempat saya, setiap sepuluh menit sekali kami bikin sambal baru. Terus, tomatnya itu bukan tomat buah, ya, tapi ranti, jenisnya berbeda,” ujar Awang dalam wawancara via telepon pada akhir September 2023.

Nasi tempong di warung makan Sego Tempong Mbak Har Banyuwangi (TEMPO/Lourentius EP)

Di rumah makan ini, terdapat beragam lauk, mulai dari yang tidak biasa seperti botok tawon (sarang tawon) yang dijadikan pepes, ikan pepes tuna, pepes uling (pepes belut), bebek goreng, dan berbagai macam olahan ayam mulai dari digoreng sampai memakai bumbu lainnya.

Selain itu, ada gurame goreng, belut goreng, lele goreng, telur goreng, cumi, dan beragam menu boga bahari atau seafood lainnya. Lauk yang terdapat pada rumah makan ini sampai 32 varian untuk menemani nasi.

Nasinya pun tidak sembarangan. Dia hanya menyajikan nasi punel alias matangnya pas, tidak lembek dan tidak keras.

Satu porsi nasi di Sego Tempong Mbak Har yakni Rp10.000, namun apabila ada lauk tambahan lain seperti ayam, bebek, cumi, ikan dan lainnya akan ada harga tambahan mulai dari harga Rp30.000 - Rp45.000.

Pilihan Editor: Cerita di Balik Nama Roti Unyil Khas Kota Bogor

LAYYIN AQILA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."