10 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Usus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan sayuran. Freepik.com

Ilustrasi wanita makan sayuran. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penting untuk meningkatkan bakteri baik di saluran pencernaan kita dengan menambahkan makanan yang tepat ke dalam menu makanan kita. Hindari terlalu banyak gula dan lemak. Coba tambahkan makanan untuk kesehatan usus seperti kaya serat dan lebih banyak probiotik.

"Pola makan kita salah satu yang mendukung kesehatan usus. Usus berperan penting dalam kesejahteraan kita secara keseluruhan, memengaruhi segala hal mulai dari pencernaan hingga fungsi kekebalan tubuh," kata dr. Charu Dua, Kepala Ahli Gizi Klinis, Rumah Sakit Amrita Faridabad, India.

"Variasi makanan dapat memberikan gizi dan keseimbangan yang dibutuhkan untuk kelancaran transisi,” sambungnya.

Berikut ini Dr 10 makanan untuk kesehatan usus menurut dr. Dua.

1. Sayuran kaya serat

Gabungkan rangkaian warna-warni sayuran kaya serat seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, wortel, dan paprika. Sayuran ini tidak hanya memberikan nutrisi penting, tetapi juga meningkatkan keseimbangan bakteri usus yang sehat.

2. Makanan tinggi probiotik

Sertakan makanan kaya probiotik untuk mendukung mikrobioma usus yang beragam dan berkembang. Yogurt, kefir, kimchi, asinan kubis, dan kombucha adalah pilihan yang sangat baik.

Makanan-makanan ini memasukkan bakteri menguntungkan ke usus kita, membantu pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan.

3. Buah-buahan

Buah beri, melon, dan buah jeruk tidak hanya menyegarkan tetapi juga mengandung antioksidan dan serat, sehingga meningkatkan lingkungan usus yang sehat.

4. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh menyediakan serat, yang mendukung pergerakan usus secara teratur dan memberi makan bakteri usus yang bermanfaat. Contohnya biji-bijian ringan seperti beras merah, quinoa, dan jelai.

5. Aromatik

Sempurnakan makanan Anda dengan tambahan aromatik seperti basil, mint, dan daun ketumbar. Tidak hanya menambah rasa tanpa kalori ekstra, tetapi juga mengandung senyawa yang dapat mendukung kesehatan pencernaan.

6. Protein tanpa lemak

Pilihlah sumber protein tanpa lemak seperti ikan, unggas, dan pilihan nabati seperti tahu dan kacang-kacangan. Protein ini dapat membantu menjaga kesehatan lapisan usus dan menyediakan asam amino esensial untuk kesehatan secara keseluruhan.

7. Hidrasi

Air sangat penting untuk pencernaan, penyerapan nutrisi, dan kesehatan usus secara keseluruhan. Seduh air dengan irisan jeruk atau mentimun untuk rasa yang menyegarkan. Saat suhu meningkat, tetap terhidrasi menjadi hal yang sangat penting. 

8. Jahe dan kunyit

Rempah-rempah anti-nflamasi ini dapat bermanfaat bagi kesehatan usus. Gabungkan rempah tersebut ke dalam makanan atau nikmati sebagai teh hangat. Sifatnya yang menenangkan dapat membantu meringankan ketidaknyamanan pencernaan.

9. Makanan prebiotik

Dukung pertumbuhan bakteri menguntungkan dengan memasukkan makanan kaya prebiotik ke dalam makanan Anda. Bawang bombay, bawang putih, daun bawang, dan asparagus adalah pilihan yang sangat baik karena menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan probiotik untuk berkembang.

10. Alternatif susu fermentasi

Bagi mereka yang tidak toleran laktosa atau lebih menyukai pilihan nabati, pertimbangkan untuk memasukkan alternatif produk susu fermentasi seperti yogurt kelapa atau almond. Produk tersebut menawarkan manfaat probiotik untuk usus.

Dengan berfokus pada makanan yang padat gizi, kita dapat mendukung kesehatan usus, meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan seiring dengan perubahan musim

Pilihan Editor: 5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari untuk Menjaga Kesehatan Usus, Salah Satunya Minum Kopi atau Teh

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."