5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari untuk Menjaga Kesehatan Usus, Salah Satunya Minum Kopi atau Teh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum kopi atau teh hangat. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita minum kopi atau teh hangat. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak cara menjaga kesehatan usus. Salah satunya adalah menerapkan kebiasaan baik di pagi hari seperti rejimen yang menenangkan hingga menyesap kopi atau teh. Menurut Kara Landau, penasihat nutrisi untuk Global Prebiotic Association di Amerika, kebiasaan tersebut bisa meningkatkan kesehatan usus secara signifikan.

1. Mulailah Pagi dengan Rejimen yang Menenangkan

Banyak dari kita melompat dari tempat tidur dengan rutinitas serba kilat atau bergegas bersiap-siap berangkat kerja. Ternyata, itu adalah cara yang kurang ideal untuk memulai pagi Anda, dan dapat berdampak negatif bagi pikiran dan usus Anda.

“Usus dan otak terhubung melalui ratusan juta saraf, yang dikenal sebagai sistem saraf enterik. Ini sering berarti bahwa apa yang terjadi di otak dapat memengaruhi apa yang terjadi di usus, begitu pula sebaliknya, ”jelas Megan Rossi, pendiri The Gut Health Doctor, seperti dikutip dari laman Well+Good, 1 Juli 2023.

Daripada memulai pagi Anda dengan terburu-buru atau dengan aktivitas yang penuh tekanan, Dr. Rossi menyarankan untuk menggantinya dengan aktivitas menenangkan seperti membuat jurnal, bermeditasi, atau bahkan menarik napas dalam-dalam sebelum turun dari tempat tidur.

2. Gerakkan Tubuh Anda

Gerakan lembut termasuk kebiasaan baik di pagi hari yang dapat meningkatkan kesehatan usus.

“Berbagai aktivitas telah terlihat berdampak positif pada keanekaragaman bakteri usus, mulai dari aktivitas aerobik hingga yoga,” Landau berbagi.

Sekali lagi, manfaat ini dapat dikaitkan dengan sumbu usus-otak. “Manfaat menenangkan dan kesehatan mental yang berasal dari aktivitas ini mungkin menjadi alasan mengapa bakteri usus merespons gerakan dan aktivitas mindfulness dengan baik, menghasilkan peningkatan kelimpahan probiotik di usus,” lanjutnya.

Dia menambahkan bahwa gerakan lembut di pagi hari mungkin sangat bermanfaat bagi orang yang berjuang dengan sindrom iritasi usus.

Baca juga: 8 Tanda Usus Tidak Sehat yang Perlu Diketahui

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."