Manfaat Peptida untuk Perawatan Kulit, Cegah Penuaan dan Hiperpigmentasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Skincare Anti Aging/Canva

Ilustrasi Skincare Anti Aging/Canva

IKLAN

Sekarang kita telah membahas bahwa peptida sangat penting bagi tubuh, Anda harus memahami fungsinya secara khusus untuk kulit. Peptida bersifat anti-penuaan, anti-inflamasi, antimikroba, melawan hiperpigmentasi, meningkatkan hidrasi — dan itu hanyalah beberapa manfaatnya.

“Karena ukurannya yang kecil, peptida lebih mudah menembus lapisan luar kulit, tidak seperti protein yang lebih besar,” kata Dr. Kim. “Mereka kemudian dapat bertindak sebagai pembawa pesan untuk memberikan sinyal ke sel lain.” Peptida meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi pemecahan kolagen di kulit, sehingga membantu melawan tanda-tanda penuaan; menghaluskan garis-garis halus dan memperbaiki tekstur yang tidak rata; memperkuat struktur kulit; mengurangi pigmentasi; meningkatkan hidrasi; mengurangi peradangan; mempercepat penyembuhan luka; mengendurkan otot; dan memperlambat penyebaran mikroorganisme.

“Saat kita memasuki usia 20-an, kita mulai memproduksi kolagen sekitar satu persen lebih sedikit setiap tahunnya,” kata Algier. “Dengan menambahkan peptida ke dalam rutinitas perawatan kulit kita, kita meningkatkan elastisitas, kekencangan, dan kolagen, mengurangi munculnya kerutan dan hilangnya volume.

”Meskipun siapa pun dapat menggunakan peptida dalam rutinitas perawatan kulit mereka, Dr. Kim mengatakan bahwa peptida sangat bermanfaat bagi siapa pun yang berusia di atas 20 tahun dan yang memiliki kulit rusak akibat sinar matahari. “Mulai menggunakan produk dengan formulasi peptida di usia 20-an, ketika kita mulai memproduksi lebih sedikit kolagen, adalah saat yang tepat untuk memulai,” kata Algier.

"Secara umum, Anda tidak perlu khawatir produk tersebut akan bereaksi negatif terhadap produk lain dalam rutinitas Anda. “Peptida tidak berpotensi mengiritasi dibandingkan bahan lain seperti retinol atau AHA/BHA, jadi mereka adalah produk perkenalan yang bagus untuk perawatan kulit anti-penuaan apa pun,” kata Dr. Kim.

Cara Menggunakan Peptida untuk Perawatan Kulit

Tidak ada cara yang salah untuk mulai menggunakan peptida dalam rutinitas perawatan kulit Anda - peptida tersedia dalam bentuk pembersih, serum, pelembab, dan masker wajah - dan Dr. Kim mengatakan peptida aman untuk semua jenis kulit, kecuali, tentu saja, Anda memilikinya. alergi yang diketahui terhadap mereka. “Peptida umumnya dapat ditoleransi dengan baik bahkan oleh jenis kulit sensitif,” katanya.

Kim dan Algier sama-sama lebih memilih serum, pelembab, dan bahkan krim mata dibandingkan produk pembersih (seperti pembersih dan masker) karena cenderung memberikan hasil yang lebih baik. Algier menambahkan: "Penting untuk menemukan formulasi yang tepat untuk Anda karena sebagian besar produk memiliki bahan pendukung lainnya."

Sekali lagi, tidak seperti beberapa bahan aktif perawatan kulit, Anda tidak perlu khawatir peptida akan bereaksi dengan produk lain dalam rangkaian perawatan kulit Anda. “Menggabungkan produk seperti vitamin C dan peptida di pagi hari akan meningkatkan produksi kolagen, serta retinoid dan peptida di malam hari untuk meningkatkan kekencangan kulit,” kata Algier. Dia juga merekomendasikan Anda untuk "bersikaplah sekonsisten mungkin, mengaplikasikan produk Anda pagi dan sore hari."

Pilihan Editor: Penuaan bagi Anne Hathaway: Hanya Kata Lain dari Hidup

POP SUGAR 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."