Penuaan bagi Anne Hathaway: Hanya Kata Lain dari Hidup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Anne Hathaway. Foto: Instagram/@annehathaway

Anne Hathaway. Foto: Instagram/@annehathaway

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Anne Hathaway berbagi beberapa pandangannya, mulai dari memaknai penuaan, bentuk tubuh usai melahirkan hingga fashion. Menurut bintang film The Princess Diaries itu, penuaan atau aging adalah hal personal dan sebaiknya tak terlalu dibesar-besarkan. Dia mengatakan aging hanya kata lain dari hidup.

“Penuaan hanyalah kata lain dari hidup. Dan apa yang Anda lakukan dengan penuaan bersifat pribadi dan terserah Anda. Saya merasa luar biasa dengan penuaan. Saya merasa lebih baik ketimbang saat saya berusia dua puluhan karena saya menjaga diri saya jauh lebih baik,” ujarnya dikutip dari People, Rabu, 20 September 2023.

Dia kemudian berbagi perubahan yang dia alami di setiap dekade. Kini, di usia kepala empat, dia memutuskan untuk lebih memperhatikan asupan gizi dan sudah berhenti minum alkohol sejak usia 30-an.

“Di usia 30-an, saya harus berhenti minum alkohol. Saya tidak bisa melakukannya lagi. Saya tidak bisa menjalani kehidupan yang saya inginkan sambil minum. Dan di usia 40-an, saya menyadari bahwa saya harus menyokong diri saya sendiri dengan nutrisi yang berbeda," tuturnya.

"Saya ingin kembali dan berbicara dengan diri saya yang berusia 25 tahun yang merasa dia tidak perlu melakukan apa pun dan berkata, 'Oh sayang, sayang, ada dunia lain di luar sana dan rasanya seperti alpukat',” sambung peraih Oscar dan Golden Globe di tahun 2013 berkat perannya di Les Miserables itu.

Mengembalikan Bentuk Tubuh usai Persalinan, Jangan Menetapkan Ekspektasi

Anne Hathaway juga mengungkapkan pengalaman mengembalikan bentuk tubuh usai melahirkan. Menurut dia, butuh waktu tiga tahun untuk mendapatkan kembali bentuk tubuh seperti semula. Tak ada yang instan, tegasnya. 

“Orang-orang tidak membicarakan hal ini dan itu benar-benar membuat saya merasa lebih baik ketika mengetahuinya. Dibutuhkan waktu tiga tahun bagi tubuh Anda untuk pulih sepenuhnya dari kehamilan," katanya.

"Aku tidak terburu-buru (mengembalikan bentuk tubuh seperti semula usai persalinan). Saya ingin memperjelas hal itu. Dikaruniai dua orang (putra Jonathan, 7 dan Jack, 3) dibutuhkan setiap menit selama tiga tahun itu. Biarkan tubuh Anda menjadi tubuh. Tidak ada tempat untuk pergi. Hadir dan jaga diri Anda serta jangan menetapkan ekspektasi," ujar istri Adam Shulman itu.

Anne Hathaway. Instagram.com/@annehathaway

Arti Fashion bagi Anne Hathaway: Nyaman dan Bersenang-senang

Menurut Anne, saat ini semua orang mengambil risiko dalam mode atau fashion. Menurut dia, ada lebih dari satu cara untuk tampil trendi saat ini, yang berarti Anda tidak perlu mencapai target.

"Anda hanya harus menjadi diri sendiri, dan itu terasa luar biasa," ujarnya.

"Erin [Walsh, pengarah gayanya] dan saya percaya bahwa gaya adalah sebuah ekspresi, dan saya percaya padanya, yang membuat saya merasa bisa menjadi lebih berani. Kami tidak menganggapnya terlalu serius. Ini bukan gladi bersih; ini adalah kehidupan," lanjutnya.

Dulu dia merasa tidak tahu cara menghargai dan 'menikmati' busana yang dikenakan, bahkan dia merasa buruk dalam hal-hal tertentu. Tapi kini, dia selalu bersyukur saat memakai busana yang disukai

"Saya merasa buruk tentang diri saya sendiri dalam hal-hal tertentu, dan saya tidak tahu bagaimana menikmati apa yang saya kenakan. Sekarang, saya mengenakan pakaian yang saya sukai, dan saya memakainya dengan rasa syukur, dan sepertinya itu berhasil," ungkapnya.

Menjelang perayaan Halloween, Anne Hathaway mengaku selalu mengutamakan pendapat anak-anaknya dalam memilih kostum. “Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bertanya kepada anak-anak ingin menjadi apa mereka. Jika Anda ingin melakukannya sebagai sebuah keluarga, Anda harus membiarkan anak-anak memilih," tandasnya.

Pilihan Editor: Anne Hathaway Ingatkan Peran Perempuan untuk Bangkitkan Ekonomi

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."